Jumat, 7 Desember 2018 14:49

Peduli Sungai Citarum, PLN Up3 Cimahi Tanam 50 Bibit Mangga dan Rambutan

Reporter : Fery Bangkit 
Puluhan batang pohon mangga dan rambutan itu ditanam langsung di bantaran Sungai Citarum, tepatnya di Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jum'at (7/12/2018).
Puluhan batang pohon mangga dan rambutan itu ditanam langsung di bantaran Sungai Citarum, tepatnya di Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jum'at (7/12/2018). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Sebanyak 50 batang pohon menjadi persembahan Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Cimahi dalam mendukung program Citarum Harum yang digagas Presiden Joko Widodo.

Puluhan batang pohon mangga dan rambutan itu ditanam langsung di bantaran Sungai Citarum, tepatnya di Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jum'at (7/12/2018).

Baca Juga : Pangdam Siliwangi berharap Citarum Bersih dalam Dua Tahun

Acara penanaman pohon yang bertajuk 'Gerakan Penghijauan Guna Mendukung Program Citarum Harum' itu dihadiri langsung Manajer PLN UP3 Cimahi Heru Purwoko dan Danramil 0926 Kapten CBH Sri Nurhaeni.

Usai penanaman pohon, Manajer PLN UP3 Cimahi, Heru Purwoko mengatakan, penanaman pohon ini merupakan bentuk partisipasi dan dukungan dari pihaknya untuk program Citarum Harum. Program ini merupakan bagian dari dana Corporate Sosial Responcibility (CSR).

Baca Juga : 'Ngeyel', Dansektor 21 Citarum Harum 'Cor' PT Tri Gunawan di Cimahi

"Karena dengan program Citarum Harum, kita berharap bisa membersihkan Sungai Citarum menjadi sungai yang bermanfaat untuk lingkungan," ujar Heru.

Dikatakannya, sebagai perusahaan milik negara, pihaknya sangat konsen mendukung penghijauan dalam Citarum Harum ini. Tujuannya ialah untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan berdaya guna untuk masyarakat . 

Baca Juga : Dianggap Bandel, Direksi dan Karyawan PT Nisshinbo Indonesia 'Nyebur' ke Sungai Cisangkan

“Kami memilih lokasi di sekitar ini, karena masih merupakan bagian dari sungai Citarum,” ujarnya.

Sungai Citarum, lanjut dia, merupakan salah satu lokasi proyek pembenahan lingkungan hidup yang berskala nasional. Dengan ditanaminya pepohonan di hilir Sungai Citarum, maka di sekitar bendungan diharapkan dapat ikut memperkuat struktur tanah di daerah tersebut. 

Baca Juga : Setelah Sanksi Sosial, PT Nisshinbo Indonesia Terancam Sanksi Administrasi

"Dengan demikian, risiko terjadinya penurunan struktur tanah dapat diminimalisir,” tandasnya.

Sementara itu, Danramil 0926 Kapten CHB Sri Nurhaeni mengapresiasi pelaksanaan penanaman pohon yang diinisiasi oleh PLN. Pihaknya berharap ini menjadi contoh bagi pihak lainnya untuk melakukan hal yang sama.

"Ini merupakan kepedulian PLN dengan menanam buah. Saya berharap yang lain juga sama dalam bentuk apapun tujuannya untuk membersihkan Citarum," katanya.

Baca Lainnya