Rabu, 3 Januari 2018 19:40

PDAM Tirta Raharja Targetkan 2020 SPAM Gambung Aliri Cimahi Selatan

Reporter : Fery Bangkit 
Dadang Supriyadi, Kepala Bagian Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja.
Dadang Supriyadi, Kepala Bagian Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja. [Limawaktu]

Limawaktu.id,– PDAM Tirta Raharja memprediksi, Cimahi Selatan akan teraliri air bersih tahun 2020. Air tersebut bersumber dari Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Gambung, di Kampung Gambung, Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

"Design awal aliran dari SPAM Gambung untuk ke Kota Cimahi dengan kapasitas 100 liter per detik, atau sebanding dengan 10 ribu sambungan rumah (SR). Targetnya 2020 itu mengalir, dengan catatan sambungan pipanya juga sudah disiapkan," jelas Kepala Bagian Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja, Dadang Supriyadi saat ditemui di Kantor PDAM Tirta Raharja, Jalan Kolonel Masturi, Cimahi, Rabu (3/1/2018).

Saat ini, pembangunan SPAM Gambung tersebut masuk dalam tahap pembangunan Intake atau bangunan penyadap. Progresnya pembangunan SPAM Gambung sampai saat ini mencapai 50%. Kedepannya, akan dilanjutkan dengan pemasangan instalasi ke Kota Cimahi.

PDAM juga mendapatkan bantuan penyertaan modal dari Kabupaten Bandung sebesar Rp 23,5 miliar untuk pembangunan instalasi pengolahan air di Desa Sadu, sebagai tempat pengolahan air dari SPAM Gambung, dengan kapasitas 400 liter perdetik.

"SPAM Gambung masih dalam proses pembangunan, dari tahap pembangunan intake atau bangunan penyadap dilanjutkan dengan pemasangan pipa air baku sampai Desa Sadu, terus dilaksanakan," ungkap Dadang.

Dadang melanjutkan, pembangunan SPAM Gambung, selain untuk peningkatan pelayanan di beberapa kecamatan di Kabupaten Bandung, juga untuk membantu pasokan air ke wilayah Cimahi bagian selatan.

"Karena cakupannya sampai ke Margaasih perbatasan Cimahi dengan Kabupaten Bandung, targetnya di wilayah selatan tidak akan terkena dampak kesulitan air ketika kemarau, tentunya setelah kapasitas penyaluran air 400 liter perdetik itu terbangun," lanjutnya.

Mengenai target, sesuai dengan jadwal PDAM Tirta Raharja, pada triwulan pertama tahun 2019, pembangunan satu Water Treatment Plant (WTP) atau instalasi pengolahan air sudah harus selesai, termasuk dengan pemasangan jaringan pipa air baku. (kit)