Sabtu, 7 April 2018 12:56

PDAM Tirta Raharja Minta Pemkot Cimahi Siapkan Sarana Penunjang SPAM Gambung

Reporter : Fery Bangkit 
Tedi Setiadi, Sekretaris Perusahaan PDAM Tirta Raharja.
Tedi Setiadi, Sekretaris Perusahaan PDAM Tirta Raharja. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- PDAM Tirta Raharja mendorong Pemerintah Kota Cimahi segera menyiapkan rencana sambungan pipa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) gambung dari Kabupaten Bandung ke Cimahi.

Pasalnya, kata Tedi Setiadi, Sekretaris Perusahaan PDAM Tirta Raharja, pihaknya hanya akan membangun jaringan distribusi hingga Margaasih, Kabupaten Bandung.

Baca Juga : PDAM Tirta Raharja Jamin Kerusakan Jalan Terdampak Pipa SPAM Gambung

"Proyek SPAM Gambung sekitar 2020 awal akan siap dioperasikan. Sekarang pengerjaan proyeknya terus dikebut. Kalau Cimahi tidak segera menyiapkan pipa distribusi akan jadi masalah," katanya saat dihubungi, Sabtu (7/4/2018).

Dikatakannya, Pemerintah Kota Cimahi harus menyiapkan segala sarana prasaran dari mulai Jaringan Distribusi Utama (JDU) dari Margaasih ke Cimahi, hingga sarana penampungan airnya.

"Untuk suplai ke Cimahi perlu disediakan sarana parsanan," ujar Tedi.

Sejak akhir tahun 2016, Pemerintah Kota Cimahi sendiri sudah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung mengenai pengadaan air bersih dari SPAM Gambung.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi M Nur Kuswandana mengatakan, pihaknya siap untuk membangun sarana prasarana untuk menunjang air bersih dari SPAM Gambung.

Jika sesuai rencana, pembangunan sarana prasarana di Kota Cimahi akan mulai dibangun tahun 2019. "Tentunya sarana dan prasarana di Kota Cimahi harus siap ketika air tersebut sudah dialirkan. Salah satunya dengan membangun tanki penampungan," ujar Nur.

Ia membeberkan, setelah melalui perhitungan kasar, estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk menunjang sarana prasarana pengadaan air bersih itu mencapai Rp 106 miliar.

"Itu termasuk pembebasan lahan, membuat sambungan rumah, dan pembuatan jaringan distribusi utama dari Margaasih," jelasnya.

Dari SPAM Gambung, lanjutnya, air bersih yang akan dinikmati warga Cimahi bagian selatan mencapai 150 liter/detik atau mencapai 1.500 sambungan rumah.

Baca Lainnya