Senin, 7 November 2022 14:00

PBJ Jabar Luncurkan Pion untuk Transparansi Tender

Reporter : Iman Nurdin
PBJ meluncurkan platform penjaminan  online (Pion), Senin (7/11/2022), di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat.
PBJ meluncurkan platform penjaminan online (Pion), Senin (7/11/2022), di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. [Iman Nurdin]

Limawaktu.id,- Sebuah platform penjaminan secara online, Senin (7/11/2022) resmi diluncurkan, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Platform tersebut bernama Penjaminan Online (Pion) oleh Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Provinsi Jawa Barat.

Menurut Kepala Biro PBJ Setda Jabar Nining Yuliastiani, Pion sebagai inovasi ketiga di Biro PBJ dalam upaya digitalisasi seluruh proses tender pengadaan barang dan jasa.

"Inovasi pertama adalah PBJ Jabar Berdering, kemudian inovasi kedua adalah Panon Jabar, dan kali ini Pion," kata dia.

Platform ini, kata Nining, menjadi yang pertama di Indonesia sebagai aplikasi yang menghadirkan inovasi transparan dan memberikan berbagai kemudahan.

"Aplikasi ini dibuat tanpa menggunakan APBD, karena berkolaborasi dengan pihak ketiga," kata Nining.

Asisten Ekonomi Pembangunan Jabar Taufik B.S. mengapresiasi semua pihak yang turut membantu pengembangan inovasi di Jabar, terutama dalam pengadaan barang dan jasa.

"Volume tender di Jabar diproyeksikan akan lebih besar di tahun-tahun mendatang . Maka inovasi dan digitalisasi sangat dibutuhkan untuk memberi pelayanan, kemudahan dan transparansi kepada penyedia jasa dan peserta tender," kata Taufik.

Sementara itu, Kepala Divisi Produk Digital Peruri Farah Fitria mengatakan, produk digital yang digunakan Peruri dalam Pion adalah Peruri Code.

"Peruri Code ini memberi jaminan bahwa dokumen yang di-upload adalah asli," kata Farah.

Sejak 2019, pihaknya membuat produk digital seperti Peruri Sign, Peruri Trust dan Peruri Code sebagai upaya digitalisasi keamanan dokumen.

Baca Lainnya

Topik Populer