Minggu, 20 Mei 2018 15:00

Patroli Bulan Puasa, Satpol PP akan Sasar 'Gepeng' Musiman

Reporter : Fery Bangkit 
Gepeng di Kota Cimahi.
Gepeng di Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Memasuki bulan suci ramadan dan lebaran, jumlah pengemis 'gepeng' di Kota Cimahi diprediksi akan meningkat.

Untuk itu, satpol PP Kota Cimahi akan terus melakukan patroli. Termasuk pengawasan terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya, seperti anak jalanan dan pengamen.

Baca Juga : Harga Ayam Naik, Pedagang Menjerit

Pelaksana Tugas (Plt) Kasatpol PP Kota Cimahi, Dadan Darmawan mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum melihat ada indikasi peningkatan jumlah PMKS, karena beberapa hari sebelum masuk bulan ramadan, pihaknya telah melakukan operasi praja wibawa.

"Sejauh ini saya belum lihat ada peningkatan, tapi mudah-mudahan tidak ada," ujar Dadan, Minggu (20/5/2018).

Baca Juga : Selama Ramadan, 300 Takjil Gratis Dibagikan di Masjid Agung Cimahi

Meski demikian, kata Dadan, pihaknya akan tetap melakukan razia, namun untuk waktunya belum bisa dipastikan lantaran berbenturan dengan kegiatan lain.

"Insya Allah nanti ada (razia lagi) tapi kita prioritaskan dulu kegitan lain, tapi kalau lagi patroli kita menemukan PMKS kita akan langsung Follow up," katanya.

Baca Juga : Cek nih Jadwal Lengkap Tarling Ajay-Ngatiyana

Sehingga, kata Dadan, untuk mengamankan PMKS termasku 'gepeng', pihaknya tidak harus selalu mengadakan kegiatan rutin.

Untuk pembinaannya sendiri, lanjut Dadan, Satpol PP terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cimahi karena Satpol PP hanya sebatas menertibkan.

Baca Juga : Satpol Larang Ormas/LSM Sweeping Ilegal di Warung Makan

"Kalau PMKS sudah kita tertibkan, nanti kita bawa, nanti follow up nya bagian Dinsos. Apakah mau dikirim ke panti atau cukup disini dengan didata, dibina dan dipulangkan ke rumahnya," kata Dadan.

Selain itu, selama bulan Ramadan, Satpol PP Kota Cimahi juga akan rutin melakukan patroli untuk mengontrol Pedagang Kaki Lima (PKL).

Baca Juga : Bule Prancis Belajar Puasa di Bandung Barat

Sebab, saat bulan Ramadan, apalagi menjelang sore, PKL di Kota Cimahi kerap menjamur berjualan di sejumlah titik di Kota Cimahi, seperti Jalan Gatot Subroto, Jalan Ria dan Gandawijaya.

Dadan mengatakan, peningkatan patroli dilakukan untuk mengontrol para PKL yang berjualan di zona terlarang, seperti di trotoar jalan protokol.

"Berdasarkan pantaun kita (Satpol PP), sejauh ini memang sudah ada peningkatan. Tapi saya belum tahu itu PKL yang biasa atau musiman," ujar Dadan.

Menurutnya, meningkatnya para PKL tersebut, biasanya banyak yang menjajakan dagangannya di trotoar jalan, sehingga mengganggu pengguna jalan.

"Patrolinya seperti biasa, tapi intensitasnya yang kita tingkatkan. Jadi saat bulan puasa kita patroli sampai malam," katanya.

Untuk melarang, para PKL berjualan di zona terlarang itu, kata Dadan, memang sulit. Namun, dengan adanya aturan yang berlaku, pihaknya tetap akan melakukan penertiban.

"Penertiban harus dilakukan, karena tetap ada titik yang tidak boleh ada PKL-nya," kata Dadan.

Baca Lainnya