Kamis, 30 Agustus 2018 11:36

Pastikan Bebas Alkohol, Dishub Kota Cimahi Periksa Kesehatan Para Sopir Angkot

Reporter : Fery Bangkit 
Pemeriksaan Kesehatan Para Sopir Angkot dan Penumpang di Pasar Antri Kota Cimahi, Kamis (30/8/2018).
Pemeriksaan Kesehatan Para Sopir Angkot dan Penumpang di Pasar Antri Kota Cimahi, Kamis (30/8/2018). [Fery Bangkit/limawaktuid]

Limawaktu.id, - Sejumlah pengemudi (Sopir) angkutan umum alias angkot memeriksakan kesehatannya di Terminal Pasar Antri, Jln. Sriwijaya Raya, Kamis (30/8/2018).

Gelaran pemeriksaan kesehatan diinisiasi oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi. Ada tujuh petugas, termasuk dua dokter yang diterjunkan untuk memeriksakan kesehatannya.

Kepala Seksi Angkutan pada Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, acara pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir ini dilakukan setelah pihaknya mengetahui bahwa masih ada sopir yang mengendarai angkotnya di bawah pengaruh alkohol.

"Memang ini program kerja kita. Selain melakukan pemeriksaan kelaikan, kita juga melakukan pemeriksaan kesehatan sopir angkot," kata Ranto saat ditemui di sela-sela pemeriksaan.

Namun, untuk pemeriksaan kesehatan kali ini, pihaknya tidak menemukan sopir angkot yang tengah di bawah pengaruh alkohol. Petugas hanya menemukan sopir yang mengalami sakit biasa.

"Sejauh ini keluhannya pusing, batuk. Gak ada sopir pengaruh alkohol," tegasnya.

Namun, jika kedapatan ada sopir yang tengah dalam keadaan mabuk atau dalam pengaruh alkohol, pihaknya akan langsung mengintruksikan agar segera dilakukan penggantian.

Dikatakan Ranto, pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab, dengan keberadaan sopir yang sehat, maka keamanan penumpang pun lebih terjamin.

"Kita ingin penumpang itu keselamatannya lebih terjamin," ujarnya.

Selain sopir, dalam pemeriksaan kali ini banyak juga penumpang dan pengunjung pasar yang memanfaatkan pelayanan kesehatan Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kota Cimahi.

Baca Lainnya