Senin, 24 Desember 2018 13:31

Pastikan Aman, Tim Gegana Polda Jabar dan Polres Cimahi Sterilisasi Gereja

Reporter : Fery Bangkit 
Tim Gegana menyisir bagian bawah kursi gereja Gereja Santo Ignatius di Jalan Baros.
Tim Gegana menyisir bagian bawah kursi gereja Gereja Santo Ignatius di Jalan Baros. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Pihak kepolisian bakal melakukan pengamanan ketat di gereja dan rumah ibadah menjelang perayaan Natal, Selasa (25/12/2018) besok, dan misa Natal, Senin (24/12/2018) malam.

Sebagai pencegahan, Tim Gegana dari Polda Jabar dan Polres Cimahi melakukan sterilisasi yang diipimpin langsung oleh Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanaga. Dengan berpakaian lengkap, Tim Gegana Polda Jabar berpakaian dan membawa peralatan lengkap, menyisir seisi Gereja Santo Ignatius di Jalan Baros.

Tim Gegana menyisir bagian bawah kursi gereja, mimbar, dan rangkaian bungan yang terdapat di depan altar. Dalam pelaksanaannya, tidak ditemukan barang mencurigakan apapun yang dapat mengganggu jalannya peribadatan.

"Jangan sampai menganggap remeh segala potensi ancaman keamanan menjelang Natal. Kita lakukan penyisiran secara menyeluruh," ungkap Rusdy saat ditemui usai pelaksanaan sterilisasi.

Pihaknya meminta agar pihak internal gereja menambah jumlah petugas pengamanan minimal menjadi 4 orang. Sedangkan personel kepolisian akan disiagakan sekitar 30 personel.

"Pengamanan di setiap gereja akan berbeda-beda, karena ini yang paling besar jadi keamanannya maksimal. Diperkirakan akan dihadiri 2.500 jemaat," tuturnya.

Pelaksanaan pengamanan juga akan menggunakan metal detektor di pintu masuk gereja, sekaligus pemeriksaan barang bawaan.

"Untuk jemaat tidak disarankan membawa barang yang membahayakan, karena nanti jemaat akan diperiksa barang bawaannya dan melewati metal detektor," tegasnya.

Untuk melakukan pengamanan pada 33 gereja dan rumah ibadah di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, turut diterjunkan pula Satgas Turbinjali (Pengaturan, Pembinaan, Penjagaan, dan Patroli) Sabhara Polres Cimahi.

"Kita sudah siap melakukan pengamanan gereja, dengan Satgas Turbinjali dan membentuk Tim Tindak Polres dengan anggota sebanyak 2 (dua) pleton," katanya. 

Baca Lainnya