Selasa, 23 April 2019 12:02

Pasca Pemilu dan Jelang Bulan Ramadhan, Harga Komoditas Pangan di Cimahi Mulai Naik

Reporter : Fery Bangkit 
 Nana (65), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Atas Baru
Nana (65), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Atas Baru [ferybangkit]

Limawaktu.id - Jelang Ramadhan, harga sejumlah komoditas pangan di pasar tradisional Kota Cimahi mulai mengalami kenaikan. Termasuk harga bawang putih, bawang merah dan daging ayam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Pasar Atas Baru Kota Cimahi, Selasa (23/4/2019), harga bawang putih menyentuh Rp50.000/kilogram, dari harga semula yang hanya Rp40.000/kilogram.

Baca Juga : Harga Bawang Naik 50%, Pedagang Sebut ada Permainan di Kartel

Untuk bawang merah Rp40.000/kilogram, dari harga semula yang hanya sekitar Rp30.000/kilogram Sedangkan daging ayam sekitar Rp36.000/kilogram, dari harga awal Rp33.000/kilogram.

Enung (42), salah seorang pedagang ayam di Pasar Atas Baru

Nana (65), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Atas Baru menuturkan, kenaikan harga bawang merah jelang Ramadhan tahun ini dikarenakan faktor cuaca. Dengan faktor cuaca yang kurang bersahabat itu, menurutnya petani terpaksa menaikan harga untuk menjaga kualitas bawang.

Baca Juga : Harga Kentang di Pasar Cimahi Anjlok Hingga 60%

"Naiknya itu sekitar semingguan yang lalu. Iya ada faktor cuaca, jadi petaninya sepertinya gagal panen," ujar Nana, Selasa (23/4/2019).

Bedal hal dengan bawang merah, penyebab naiknya bawang putih menurut Nana dikarenakan adanya faktor kebijakan impor bawang putih yang belum lama ini dilakukan pemerintah. 

Baca Juga : Harga Bawang dari Bandar Melonjak, Satgas Pangan Cimahi Bakal Turun Tangan

Seperti diketahui, pasca pemungutan suara 17 April lalu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menerbitkan izin impor 100 ton bawang putih kepada 7 perusahaan.

"Kebijakan impor itu ada dampaknya juga, bawang putih jadi naik," ucap Nana.

Bawang Putih

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi Picu Kenaikan Harga Tomat di Petani dan Pasar

Begitupula dengan harga daging ayam. Enung (42), salah seorang pedagang ayam di Pasar Atas Baru, Kota Cimahi mengatakan, kenaikan harga daging ayam ini memang lumrah terjadi menjelang Ramadhan. Diprediksi harga itu akan bertahan sampai nanti mendekati bulan suci.

"Iya kalau harga ayam naik udah sepekan lalu. Kayanya sampe puasa bertahan harganya," katanya.

Sementara itu harga komoditas pangan lainnya, seperti daging sapi masih bertahan diharga Rp110.000/kilogram. Beras medium dikisaran Rp9.860-an/kilogram, beras premium kisaran Rp11.900-an/kilogram. 

Baca Lainnya