Sabtu, 6 Juni 2020 12:34

Pasar Antri Dibuka Besok, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Pedagang

Reporter : Fery Bangkit 
Pasar Antri Kota Cimahi bakal dibuka kembali.
Pasar Antri Kota Cimahi bakal dibuka kembali. [Foto istimewa]

Cimahi - Operasional Pasar Antri Kota Cimahi bakal dibuka kembali pada Minggu (7/6/2020), setelah ditutup selama 14 hari pasca adanya dua pedagang yang positif Covid-19. Namun pedagang yang boleh kembali berjualan, hanya pedagang yang hasil swab test dan rapid test negatif.

Tidak hanya itu, ada pula persyaratan lainnya yang harus dipenuhi para pedagang sebelum membuka kembali kiosnya. Di antaranya memperlebar lorong pasar.

"Pasar Antri Minggu besok dibuka. Ada persyaratan yang harus ditempuh, diantaranya lorong harus diperlebar, pengetesan (Swab dan rapid test) terus berjalan berdasarkan teori epidoemiologi gugus," ungkap Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna, kemarin.

Berdasarkan pantauan di Pasar Antri, Jalan Sriwijaya, Kota Cimahi, para pedagang terlihat mulai membenahi kiosnya masing-masing. Bahkan, ada pula yang sudah menjajakan jualannya. Sementara ada pula pedagang yang mengikuti rapid test.

Diakui Ajay, belum semua pedagang di Pasar Antri melakukan rapid test atau swab test, sehingga pihaknya memiliki kekhawatiran akan muncul kembali kasus Covid-19.

"Jujur kalau menutup pasar juga sulit, karena itu kan pusat perekonomian, apalagi menjelang new normal dan relaksasi. Tapi kita terus edukasi soal protokol kesehatan selama pandemi covid ini," bebernya.

Sebelum pasar yang dikelola pihak swasta ini dibuka kembali, kata Ajay, pihaknya akan melakukan sterilisasi dan pengecekan. Setelah pasar dibuka, pengelola pasar juga harus menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat, untuk menghindari penyebaran Covid-19. Termasuk untuk membatasi jumlah pengunjung.

"Pembatasan jumlah pembeli sudah disampaikan ke pengelola, karena sudah ada contoh di pasar atas. Jangan sampai klaster pasar antri terulang lagi. Karena ini kan penyebarannya yang harus diwaspadai. Protokol kesehatan di pasar atas selalu dijalankan, karena berada di bawah kami," beber Ajay.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer