Selasa, 5 Juli 2022 17:56

Partai Gelora Jabar Minta Bawaslu Jaga Kualitas Pemilu 2024

Reporter : Iman Nurdin
Partai Gelora Jabar bersilaturahmi dengan Bawaslu Jabar, di Jln Turangga, Bandung (5/07/2022)
Partai Gelora Jabar bersilaturahmi dengan Bawaslu Jabar, di Jln Turangga, Bandung (5/07/2022) [Istimewa]

Bandung (limawaktu.id),-- Mendekati tahapan Pemilu 2024, DPW Partai Gelora Indonesia menyambangi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dalam pertemuan tersebut Ketua DPW Partai Gelora Jabar Haris Yuliana menekankan, demi terciptanya kualitas Pemilu yang baik. Bawaslu harus benar-benar menjaga jalannya pemilu dari bahayanya mafia politik.

"Tahun ini kita akan menghadapi tahapan pemilu. Dengan begitu, Bawaslu akan mulai bekerja keras. Sehingga dari mulai tahapan Pemilu sampai dilaksanakannya Pemilu bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kecurangan," katanya kepada wartawan usai silaturahmi dengan Bawaslu di Bandung, Selasa (5/7/2022).

Haris menjelaskan, selama Pemilu dilaksanakan kecurangan dalam pemilu selalu terjadi.  Di Pemilu 2024 mendatang Bawaslu jangan lagi kecolongan.

"Dari tahun ke tahun, kecurangan politik ini sering terjadi. Politik uang sering dilakukan, bahkan hari ini politik uang dianggap sebagai sodaqoh," katanya.

Haris menekankan kembali bahwa kualitas pemilu yang baik, bukan dari banyaknya penindakan pelanggaran selama Pemilu, tetapi justru semakin sedikit penindakan berarti semakin tidak ada kecurangan.

"Disitulah keberhasilan Bawaslu dalam menjaga kulitas pemilu. Karena memang tugas dari Bawaslu adalah menyadarkan partai politi dan masyarakat terhadap kecurangan dalam pemilu," katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jawa Barat (Jabar) Abdullah Dahlan menjelaskan, untuk mengurangi pelanggaran Pemilu, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan partai politik mengenai pencegahan pelanggaran Pemilu 2024.

"Nanti kita agendakan sosialisasi pencegahan pelanggaran pemilu. Saat ini kita sedang melakukan rekrutmen anggota Bawaslu sampai tingkat kecamatan," katanya dalam pertemuan bersama DPW Gelora Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, saat ini KPU sedang dalam proses verifikasi parpol, pihaknya mengaku akan melakukan pengawalan.

"Jadi nanti, jika ada partai politik yang seharusnya lolos tapi tidak lolos, maka pihaknya akan membantu partai tersebut. Begitu pun sebaliknya, jika ada Parpol yang seharusnya tidak lolos tapi diloloskan oleh KPU, kita akan bertindak," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya mempersilahkan kepada Partai Gelora untuk mengikuti pemilu 2024 dengan baik tanpa melakukan kecurangan.

"Partai Gelora silahkan bertarung secara fair dengan tidak melakukan pelanggaran pemilu," tukasnya.

Baca Lainnya