Jumat, 22 Maret 2019 12:49

Parah! Kuli Bangunan di KBB ini Tanam pohon Ganja di Lahan Orang

Reporter : Fery Bangkit 
Barang bukti tanaman ganja yang berhasil diamankan oleh Satresnarkoba Polres Cimahi, 20 Maret 2019.
Barang bukti tanaman ganja yang berhasil diamankan oleh Satresnarkoba Polres Cimahi, 20 Maret 2019. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Eman alias Iboy adalah seorang kuli bangunan. Namun, sejak enam bulan terakhir, pria 40 tahun itu malah bercocok tanam pohon ganja.

Warga Kampung Cigugur Sukamulus, Desa Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu diamankan dan jadi tersangka oleh Satresnarkoba Polres Cimahi, 20 Maret 2019.

Baca Juga : PNS ini Jadi Orang Berikutnya yang Coreng Pemkot Cimahi

Parahnya lagi, Eman menanam ganjanya itu di lahan milik orang lain yang sulit dijangkau dan tersembunyi, yakni di Lebak Cigugur Girang Binong Blok B, Desa Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, KBB.

"Sehari-hari cuma buruh bangunan. Tanam ganja baru 6 (enam bulan lalu)," ujar EM saat ditemui di Mapolres Cimahi.

Baca Juga : PNS KBB Nyambi jadi Pengedar Sabu Pernah Ngajar di SD Padalarang dan Batujajar

EM mengaku, penanaman ganja tersebut berawal setelah dirinya membeli satu paket ganja kepada JOS seharga Rp 200 ribu. Jos kini dijadikan Daftar Pencarian Orang (DPO).
 
Kemudian ganja tersebut digunakan pelaku, kemudian sisa atau bijinya ditanam dalam beberapa karung yang disimpan di perkebunan yang tak jauh dari kediamannya.

"Bibitnya beli dari Cikampek. Ditanamnya sembunyi-sembunyi," tuturnya.

Baca Juga : Fakta-fakta PNS di Cimahi yang 'Tercyduk' Nyabu Saat Jam Kerja

Dikatakannya, selama enam bulan menanam ganja, ia baru panen tiga kali. Biasanya, hasil panennya itu dijual kepada seseorang. Selain menanam, EM juga kerap mengkonsumsi barang haram itu.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, mengatakan, saat dilakukan penangkapan polisi berhasil mengamankan 11 batang pohon ganja yang ditanam dilahan kosong atau lahan perkebunan yang jarang dilintasi oleh masyarakat.

"Pelaku telah menanam ganja sejak enam bulan yang lalu dan hasil panennya sebanyak satu paket ganja kering sudah pernah dijual oleh pelaku ke temannya di daerah Parongpong," katanya.

Baca Lainnya