Kamis, 2 November 2017 19:04

Pantau PKL Nakal, Satpol PP Cimahi Akan Tambah 9 CCTV

Reporter : Fery Bangkit 
Pantau PKL Nakal, Satpol PP Cimahi Akan Tambah  9 CCTV.
Pantau PKL Nakal, Satpol PP Cimahi Akan Tambah 9 CCTV. [istimewa]

Limawaktu.id, - Untuk memantau Pedagang Kaki Lima (PKL) yang kian menjamur, Satpol PP Kota Cimahi memasang sembilan Closed Circuit Television (CCTV).

Sembilan CCTV tersebut dipasang di enam titik yang dinilai rawan PKL, di antaranya di Alun-alun, Jalan Gandawijaya, Kebon Kopi, Cimindi, Leuwigajah dan Sriwijaya.

"Kita tidak mau lagi ada PKL yang kembali menggelar lapak di wilayah yang sudah dilarang," kata Aris Permono, Kasatpol PP Kota Cimahi, di ruang kerjanya, Jalan Demang Hardjakusumah, Kamis(2/11/2017).

Menurutnya, penertiban PKL ini bukan semata-mata tidak mementingkan nasib para pedagang yang mencari peruntungannya di Cimahi. Akan tetapi, sebagai penegakan Peraturan Daerah (Perda) No. 8 tahun 2009 tentang Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan (K3).

"Kalau tidak melakukan tindakan berarti kita yang salah. Makanya, bagi para PKL jangan memaksakan untuk berjualan ditempat yang sudah dilarang oleh pemerintah," ungkapnya.

Sementara itu, untuk pengawasan di lapangan, petugas yang diturunkan sebanyak 64 orang dengan 4 regu yang dibagi tiga sift. Agar apabila ada pelanggaran bisa segera ditindaklanjuti.

Dilanjutkan Aris, unit tambahan CCTV pun akan diajukan guna memantau seluruh titik di Kota Cimahi. Sebab menurutnya CCTV sangat membantu pihaknya dalam pengawasan. Rencananya, lanjut dia, akan ada penambahan sebanyak 9 unit CCTV untuk melengkapi di wilayah perbatasan dan jalan protokol.

"Dengan adanya cctv dapat membantu pengawasan selain pkl bandel, bisa juga mengawasi tindak kriminalitas yang terjadi di jalan. Sehingga warga bisa merasakan kenyamanan saat melintas di Cimahi," tandasnya.(kit)*