Sabtu, 18 November 2017 22:41

Panglima TNI: Saat Ini Papua Aman & Kondusif

Reporter : Yulie Kusnawati
Panglima TNI & Aa Gym.
Panglima TNI & Aa Gym. [limawaktu]

Limawaktu.id, - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan bahwa kondisi Papua saat ini, khususnya di Desa Kimbely dan Desa Bati yang sebelumnya terjadi penyanderaan lebih dari seribu warga Indonesia oleh kelompok Kriminal bersenjata KKB, kini sudah aman. Pada saat pembebasan sandera yang dilakukan Pasukan Khusus TNI. Para penyandera melarikan diri dan kini tengah dalam pengejaran. Hal tersebut dikatakan Gatot di Bandung, Sabtu (18/11/2017) siang.

"Kelompok kriminal bersenjata yang sebelumnya menyandera lebih dari seribu warga Negara Indonesia, telah melarikan diri saat pasukan khusus TNI membebaskan para sandera, dan kini tengah dalam pengejaran," kata Gatot saat diwawancara.

Gatot pun menegaskan, pengamanan di Papua dilakukan atas kerjasama yang baik antara TNI dan Polri, sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masin. Polri telah penyiagakan pengaman warga sipil, sementara TNI melakukan operasi pembebasan para sandera.

"Saat pembebasan sandera di Desa Kimberrly dan Desa Bati dilakukan oleh anggota Kopasus bersama anggota Batalyon 751 Raider dan kostrad, untuk selanjutnya dilakukan evakuasi warga yang disandera oleh jajaran TNI Polri," tegasnya.

Gatot pun mengakui, saat ini dirinya merasa sangat bersyukur, karena perasi pembebasan para sandera berhasil dengan baik dan tidak ada korban dari warga sipil yang menjadi sandera. Karena, katanya, Misi yang ditugaskan kepada prajuritnya adalah mengutamakan keselamatan warga masyarakat," pungkasnya. (lie)*