Sabtu, 27 Januari 2024 19:24

Panglima TNI Minta Kawasan Situ Lembang Dijaga Kelestariannya

Reporter : Bubun Munawar
Panglima TNI bersama Forkopimda Jabar melakukan penanaman pohon di Situ Lembang, Kabupaten Bandung Barat , Sabtu (27/1/2024)
Panglima TNI bersama Forkopimda Jabar melakukan penanaman pohon di Situ Lembang, Kabupaten Bandung Barat , Sabtu (27/1/2024) [Istimewa]

Limawaktu.id, Lembang - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengungkapkan,  kita harus menjega kelestarian lingkungan terlebih dengan keberadaan danau  yang menjadi sumber mata air, salah satunya yang berada di kawasan Situ Lembang, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

“Kawasan Situ Lembang harus dijaga kelestariannya. Sebab,  danau tersebut menjadi sumber mata air untuk masyarakat sekitar yang digunakan dalam kebutuhan hidup sehari-hari,” ungkap Agus Subiyanto, disela pelaksanaan penanaman pohon di Situ Lembang, pada Sabtu (27/1/2024).

Menurutnya, Situ Lembang ini ada danau yang harus kita lestarikan dan amankan karena daerah Jawa Barat, khususnya Bandung dan Cimahi kalau kita telusuri air dari Situ Lembang ke wilayah tersebut. Selain melaksanakan penanaman pohon dilakukan juga pembersihan sampah di Situ Lembang.  

“Kegiatan pembersihan sampah, terutama plastik yang sudah diinisiasi oleh Bapak KSAD, yang juga sudah dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia,” katanya.

Dikatakannya, kegiatan yang melibatkan berbagai lembaga, termasuk masyarakat bertujuan untuk melestarikan alam agar tetap asri dari sampah dan tetap rindang dengan banyaknya pepohonan.

“Siang ini saya beserta Bapak KSAD (Kepala Staf TNI Angkatan Darat) dan Forkopimda Jabar, juga ada Pak Ustadz (Adi Hidayat) dan semua elemen masyarakat melaksanakan beberapa kegiatan, yang pertama penanaman pohon,” ungkap Agus.

Berbagai jenis pohon ditanam, seperti pinus, mahoni, dan lain-lain, yang bisa tumbuh cepat dan menjaga alam ini agar tidak mudah kena banjir. Kemudian juga ada penebaran benih ikan mujair,” sebutnya.

Sementara, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan, penanaman pohon, pembersihan sampah, dan penebaran benih ikan di Situ Lembang dapat berdampak baik dalam menjaga ekosistem lingkungan.

"Saya bersama Pangdam III Siliwangi, Kapolda Jabar sangat mendukung acara seperti ini karena ini menjaga lingkungan kita," ucap Bey Machmudin kepada awak media.

Bey mengapresiasi kerja kolektif yang dilakukan oleh TNI/Polri dan berbagai elemen masyarakat dalam menjaga lingkungan. Apalagi menurutnya, permasalahan terkait sampah di Kota Bandung masih terus dicarikan solusi yang terbaik.

"Kita tahu masalah sampah di Bandung Raya dan kami sangat mengapresiasi ini hasil dari TNI/Polri dalam hal pembersihan sampah, terutama plastik. Selain itu juga ada pembenihan ikan, tentu semua ini baik untuk kelangsungan hidup dan generasi muda kita ke depan," imbuhnya.

Terkait pencegahan bencana alam yang mungkin akan terjadi karena musim penghujan masih melanda wilayah Jabar, Bey menuturkan, jajarannya akan selalu berkoordinasi dengan BPBD dan TNI/Polri untuk terus bekerja dalam mengawasi setiap peristiwa bencana hidrometeorologi.

 "Kita akan koordinasikan dengan BPBD dan TNI/Polri terkait bencana di wilayah Bandung Raya," ujar Bey.

 

 

Baca Lainnya