Senin, 2 Oktober 2023 12:55

Panglima TNI : Menjaga dan Melindungi Pancasila Menjadi Tugas Bersama

Penulis : Bubun Munawar
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Apel Makodam III/Slw, Kota Bandung, Minggu (01/10/2023).
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Apel Makodam III/Slw, Kota Bandung, Minggu (01/10/2023). [Pendam III/Siliwangi]

Limawaktu.id, Bandung – Panglima TNI Jenderal TNI Yudo Margono mengungkapkan, Hari Kesaktian Pancasila adalah hari yang akan selalu mengingatkan kita tentang besarnya tekad dan pengorbanan para pahlawan bangsa, yang rela berkorban jiwa dan raga demi tegaknya ideologi dasar negara kita, Pancasila.

“Mari kita kenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raga demi tegaknya Pancasila. Keteladan mereka harus senantiasa kita contoh dan kita ikuti, agar keanekaragaman bangsa Indonesia tetap terjaga di tengah gempuran arus globalisasi, kemajuan teknologi, dan politik identitas,” jelas Panglima, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pangdam III/Siliwangi Erwin Djatniko, saat Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu (1/10/2023).

Lebih lanjut Panglima menegaskan, TNI sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI. Oleh karena itu menjaga dan melindungi Pancasila adalah menjadi tugas bersama.

"Kita semua memiliki tanggung jawab yang besar untuk terus melestarikan, mempertahankan, dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan dan sikap kita sehari-hari. Tanpa aksi nyata, mustahil Pancasila bisa tetap bertahan di bumi Nusantara," tegas Panglima.

Pada kesempatan itu juga Pangdam III/Slw menyampaikan walaupun kita tidak mengalami tetapi pahami bahwa memang Pancasila itu menghadapi berbagai macam rongrongan bahkan sampai saat ini.

“Oleh karena itu kita sebagai garda terdepan dan Benteng terakhir dalam mengawal negara NKRI termasuk tetap tegaknya ideologi Pancasila,” ucap Pangdam.

Disamping itu akhlak yang akan membentuk karakter prajurit dan PNS menjadi garda terdepan dan benteng terakhir.

“Mudah-mudahan kita selalu diberi petunjuk, lindungan dan bimbingannya dari yang maha kuasa sehingga kita senantiasa diberi Kesehatan, kelancaran dan keberhasilan didalam melaksanakan tugas tidak hanya bagi diri kita juga bagi keluarga dalam menjalankan pengabdian kita kepada bangsa dan negara yang kita cintai,” tutur Pangdam.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengusung Tema "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju" diikuti oleh para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI-AD jajaran Kodam III/Slw.

Baca Lainnya