Jumat, 7 Juli 2023 21:15

Pangdam III/Siliwangi Turun Menanam Terumbu Karang di Pandeglang

Penulis : Bubun Munawar
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, SIP menanam terumbu karang di di Kampung Nelayan, Kecamatan  Cipanon, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jum'at (7/7/2023)
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, SIP menanam terumbu karang di di Kampung Nelayan, Kecamatan Cipanon, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jum'at (7/7/2023) [Pendam III/Siliwangi]

Limawaktu.id, Pandeglang  -  Rehabilitasi ekosistem Terumbu Karang di Kampung Nelayan, Kecamatan  Cipanon, Kabupaten Pandeglang, Banten digenjot. Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P. menggandeng komunitas Anak Pantai Cipanon melakukan penanaman terumbu karang jenis karang tepi untuk menyediakan habitat laut, Jum’at (07/07/2023).

Upaya tersebut akan dilakukan untuk menjawab permasalahan masyarakat pesisir terutama dalam memelihara ekosistem, serta membantu kesulitan para nelayan yang berada di Kab. Pandeglang Banten. Perbaikan ekosistem tersebut secara bertahap dan berlanjut akan terus dilakukan.

Pada kesempatan tersebut Pangdam III/Slw beserta rombongan, menanam sebanyak 150 bibit terumbu karang tepi dengan menggunakan spider wave yang ditanam dari titik 20 m sampai dengan 30 m dari bibir pulau liwungan dengan kedalaman 4 m agar mendapatkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis.

Kunto Arief Wibowo  menjelaskan, dengan menggunakan metode spider wave penanaman bibit terumbu karang menjadi lebih efektif, efisien serta mudah dalam pembibitannya.

"Sebanyak 10 spider wave ini nantinya akan diikatkan bibit terumbu karang sebanyak 15 bibit, kemudian di tanam sedalam 16 cm secara permanen di dalam laut sehingga spider wave tersebut tidak terbawa arus air laut," jelasnya.

Selain itu, Pangdam III/Slw  juga mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan  Kabupaten  Pandeglang dan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat nelayan serta melaksanakan tatap muka dengan kelompok nelayan Desa Teluk Kecamatan Labuan.

Di lokasi Tempat Pelelangan Ikan,  Pangdam menyampaikan bahwa kedatangannya untuk menegaskan hadirnya pemerintah melalui beberapa upaya Kodam III/Slw dalam rangka meningkatkan kehidupan masyarakat pesisir dengan pendekatan teknologi untuk tetap menjaga nilai wisata dan juga nilai sumber daya manusia.

Solusi inovatif dengan penggunaan teknologi lokal tersebut sudah dilakukan dari wilayah Pangandaran, Pameungpeuk sampai Pelabuhan Ratu untuk menjawab permasalahan nelayan seperti penyediaan mesin pembuat es dan membangun Cold Storage.

“Hari ini saya mampir di TPI Labuan untuk melihat langsung bagaimana meningkatkan kesejahteraan nelayan  melalui program-program yang sudah dijalankan untuk lebih bisa di optimalkan,” terangnya.

Pangdam memberikan kesempatan kepada para nelayan untuk menyampaikan permasalahan dan kesulitan yang dihadapi saat ini yang langsung diberikan arahan dan solusi dalam penyelesaiannya.

 Diakhir kunjungannya di Kab. Pandeglang Pangdam III/Siliwangi dan rombongan mengunjungi Tambak Udang PT. Sinar Pusaka Lestari Kec. Panimbang Kab. Pandeglang yang disambut langsung oleh Manager PT. Sinar Pusaka Lestari Bapak Also beserta staf.

Pada kesempatan itu Pangdam III/Slw dan rombongan berdiskusi serta melihat dari dekat produktifitas hasil tambak udang milik PT. Sinar Pusaka Lestari.

Baca Lainnya