Senin, 22 Januari 2018 14:17

Pangdam III Siliwangi Gandeng Aktifis Lingkungan Benahi Citarum

Reporter : Jumadi Kusuma
Pengurus Forum DAS Citarum berdiskusi masalah Citarum bersama Pangdam III Siliwangi.
Pengurus Forum DAS Citarum berdiskusi masalah Citarum bersama Pangdam III Siliwangi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Panglima Kodam III siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo meminta masukan dari stakeholders terkait dengan pembenahan Sungai citarum. Dalam pertemuan tersebut dibahas persoalan pencemaran Sungai Citarum dan solusi yang akan dilakukan.

Dalam pertemuan tersebut, Forum Daerah Aliran Sungai (das) Citarum dan Gerakan HEJO bersama TNI Polri menyatakan kesiapannya menjadi garda terdepan dalam menangani pencemaran sungai Citarum, karena Forum DAS Citarum sudah mengawasi Citarum sejak 2010 sampai hari ini. Demikian pernyataan Wakil Ketua Forum DAS Citarum, Yan Rizal Usman kepada limawaktu.id, Senin (22/1/2018).

Menurut Yan, nanti minggu depan akan ada pertemuan lagi dengan para aktifis lingkungan seperti Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Barat dan Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) bersama Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo di Pasir Impun Cimenyan Kabupaten Bandung. “Pelaksanaan pertemuan sedang kami buat jadwalnya", katanya.

Sementara itu Ketua Forum DAS Citarum dan Gerakan HEJO Eka Santosa menegaskan komitmennya untuk berpartisipasi dalam pembenahan sungai Citarum, "Kami siap menjadi yang terdepan. Bukan sekedar mendukung. Sejak awal juga sudah sangat siap membenahi Citarum," kata Eka dalam pertemuan bersama Pangdam III Siliwangi yang dihadiri ratusan ulama di Graha Tirta Jl. Lombok Kota Bandung, Minggu (21/1/18) sore.