Rabu, 26 Agustus 2020 14:50

Pandemic Covid-19 Tak Surutkan Bahar Malaka Membuat 17 Karya Lukis dalam 45 Menit

Reporter : Bubun Munawar

Cimahi - Tak banyak seniman di masa Pandemic Covid-19 ini yang melakukan aksi keseniannya dalam memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, yakni 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, namun tidak begitu dengan pelukis asal Kota Cimahi Bahar Malaka.

Pandemic Covid-19 yang masih terjadi dibelahan dunia ini tak menyurutkan niatnya untuk tetap melahirkan karya. Pada Senin, 24 Agustus 2020, pelukis Cimahi ini melakukan art performance di Pendopo DPRD Kota Cimahi yang bertajuk "Merdeka dalam Bingkai Seni dan Rupa”.

Dalam aksinya, Bahar Malaka mampu menyelesaikan 17 karya lukis dalam waktu 45 menit, diringi delapan lagu nasional lewat petikan gitar musisi Cimahi Achmad Che Maulana.

Menurut Bahar Malaka, dirinya merasa bangga lahir di Indonesia dan mencoba menuangkannya melalui cara yang berbeda, sesuai dengan nalurinya sebagai seorang seniman dan menjadi  catatan kecil, khususnya untuk Kota Cimahi dan umumnya untuk Jawa Barat.

“Aku berharap dikemudian hari bisa dibuat lebih baik oleh teman-teman yang lain, terutama oleh teman-teman muda di kota ini dan sekitarnya,”

Sedangkan Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana yang menyaksikan aksi pelukis Bahar Malaka mengungkapkan, pihakinya secara pribadi atau Pemerintah Kota Cimahi mengapresiasi apa yang dilakukan Bahar Malaka.

“ Saya selaku pribadi maupun selaku Wakil Wali Kota Cimahi menyaksikan sendiri proses melukis yang dilakukan oleh Kang Bahar Malaka dalam waktu 45 menit bisa menyelesaikan 17 gambar sekaligus. Ini bagi saya sangat mengapresiasi dan kagum sekali dengan kehebatan beliau. Ini adalah aset Kota Cimahi yang harus kita pelihara,” ungkap Ngatiyana

Aksi melukis 17 Karya dalam 45 menit tersebut selain didukung musisi Achmad Che Maulana juga beberapa seniman yang ikut mendukung  alumni Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI), Teater Sunda Kiwari dan Galengan Sora Awi. 

Baca Lainnya