Selasa, 23 Februari 2021 15:00

Pajak Penerangan Jalan Jadi Sumber Andalan Pendapatan Kota Cimahi

Reporter : Bubun Munawar
pemeliharaan PJU
pemeliharaan PJU [net]

Limawaktu.id,- Penerimaan pendapatan daerah dari pajak penerangan jalan Umum (PPJU) di Kota Cimahi memberikan kontribusi yang cukup besar. Setiap bulannya pajak penerangan jalan yang dikumpulkan oleh PT. PLN ke kas daerah mencapai kisaran Rp. 3 Miliar  setiap bulannya, namun besaran PJU tak bisa dipastikan berapa nilainya karena fluktuatif.

“Pada bulan ini kita menerima Rp. 2,8 M dari PT. PLN bulan depan bisa naik atau turun, kisarannya sekitar Rp 3 Milliar lah,” kata Kepala Bappenda Kota Cimahi Ahmad Saefulloh, disela penyerahan SPPT Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kelurahan Karangmekar Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi, Selasa (23/2/2021).

 Menurut dia, Pajak Penerangan Jalan pemungutannya dilakukan oleh PT. PLN melalui rekening listrik yang dibayar pelanggan PLN setiap bulannya. Setelah terkumpul. Pajak tersebut lalu diserahkan kepada Pemerintah Daerah lewat kas daerah sebagai salah satu sumber pendapatan derah Kota Cimahi.

“Kami hanya menerima setoran dari pihak PLN,” sebutnya.

 Ketaatan pelanggan dalam membayarkan listrik sangat berpengaruh terhadap pendapatan, termasuk pajak yang harus disetorkan kepada pemerintah daerah, Pada tahun 2019, PLN menyetor PPJ sebesar Rp 41.146.943.453. Jumlah tersebut tidak mencapai target PAD yang ditetapkan Pemkot Cimahi sebesar Rp 42.126.983.890.

 "Salah satu penyebabnya karena konsumen telat membayar. Selain itu, ada juga akibat aktifitas pemakaian listrik di industri menurun, tidak operasi, hingga pabrik tutup. Pendapatan kan tergantung penjualan dan pemakaian, didalamnya termasuk PPJ yang dibayarkan konsumen," kata ," Account Executive PLN UP3 Cimahi Juli Fifi didampingi Supervisor Pelayanan Pelanggan UP3 Cimahi  Diki Setia, beberapa waktu lalu.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer