Jumat, 26 Juni 2020 18:03

Pagi-pagi Ada Suara Ledakan di Lembang, Ternyata ini Penyebabnya

Penulis : Fery Bangkit 
Kondisi Kios Milik  Eutik (73) yang hancur akibat ledakan Tabung gas Melon.
Kondisi Kios Milik Eutik (73) yang hancur akibat ledakan Tabung gas Melon. [Foto istimewa]

Bandung Barat - Warga Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dikagetkan dengan suara ledakan pada Jumat (26/6/2020) sekitar pukul 05.30 WIB. Ledakan tersebut menghancurkan sebuah warung di Jalan Tangkuban Parahu.

Banyak warga yang menyangka suara ledakan tersebut adalah ledakan bom hingga kecelakaan lalu lintas.

Yudi, seorang saksi yang pertama kali mengetahui kejadian ledakan itu mengatakan, suara ledakan terdengar sangat keras sampai ke rumahnya yang berjarak 50 meter. Awalnya, Yudi mengira ledakan karena kecelakaan lalu lintas di depan warung milik Eutik.

"Saya bergegas ke lokasi, ternyata ledakan berasal dari warung. Barang-barang dagangan seperti rokok dan pecahan kaca bahkan rolling door terhempas ke jalan raya," ungkapnya, Jumat(26/6/2020).

Ledakan itu, menurut Yudi, diduga diakibatkan karena kebocoran selang gas elpiji, gas itu lalu terakumulasi di dalam warung yang minim ventilasi udara. Begitu ada pemantik, api langsung menyulut gas tersebut hingga menimbulkan ledakan keras.

"Kejadiannya pas adzan subuh. Agar barang dagangan tidak tergilas kendaraan yang melintas, lalu lintas ditutup sementara dan warga membantu memungut barang yang masih tersisa," tandasnya.

Petugas gabungan dari Polsek Lembang, Polres Cimahi dibantu Jihandak Brimob Polda Jabar langsung terjun mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP) serta melakukan sterilisasi. Setelah dilakukan penyelidikan, ledakan itu dipastikan berasal dari tabung gas yang bocor.

"Sudah dilakukan pengecekan oleh penjinak Bom dari kepolisian, bahwa memang itu akibat ledakan gas," ungkap Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki.

Akibat ledakan gas melon itu, pemilik warung bernama Eutik (73) mengalami luka bakar sekitar 50 persen di bagian punggung dan tangan kanannya, serta rambutnya ikut terbakar sebagian. Saat ini, korban sudah dilarikan ke rumah sakit untuk penanganan medis.

"Korbannya satu orang. Korban sedikit luka-luka bakar di tubuhnya," terang Yoris.

Baca Lainnya