Rabu, 30 Mei 2018 12:49

Pabrik di Cimahi Wajib Bayar THR H-7

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sebanyak 593 perusahaan di Kota Cimahi harus membayar Tunjangan Hari Raya (thr) kepada sekitar 82 ribu karyawan paling lambat h-7 Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Ketentuan tersebut atas intruksi Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI. Sanksi disiapkan pemerintah jika perusahaan melakukan pelanggaran pembayaran THR. Mulai dari denda 5%, teguran tertulis, hingga pembatasan kegiatan usaha.

Baca Juga : Asik, Wakil Rakyat Cimahi juga Bakal Terima THR nih

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cimahi, Supendi Heriyadi mengatakan, pihaknya akan mengirim surat edaran Wali Kota Cimahi kepada semua perusahaan terkait THR.

"Pembayaran THR itu ada aturannya, nanti akan dirinci dalam surat edaran Wali Kota sebagai bentuk himbauan bagi perusahaan agar menunaikan kewajiban membayara THR," katanya saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Rabu (30/5/2018).

Baca Juga : PNS Nyaman, Honorer/THL Resah

Untuk mengakomodir para pekerja terkait masalah THR, pihaknya membuka Posko Pengaduan THR tahun 2018. Posko tersebut dapat dimanfaatkan oleh pekerja untuk mengadu soal THR.

"Kita buka Posko pengaduan THR. Bagi pekerja yang akan mengadukan masalah keterlambatan pembayaran THR di tahun 2018 bisa datang langsung ke posko," ujarnya.

Baca Juga : Sekda: Lebaran, THL dan Honorer dapat Uang 'Kadeudeuh'

Lokasi posko digelar di kantor Disnaker Kota Cimahi di kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi gedung C lantai 2. Tiap hari akan ada personil yang berjaga menerima pengaduan di posko.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial Disnakertrans Kota Cimahi, Asep Herman menyatakan, pendirian posko dimaksudkan sebagai bagian dari langkah pemerintah menampung keluhan karyawan, berkaitan dengan penyaluran THR yang menjadi kewajiban perusahaan.
"Oleh karenanya, kami meminta buruh atau pekerja melapor jika mereka tidak memperoleh haknya dengan baik dalam hal THR," ucapnya.

Baca Lainnya