Kamis, 28 Oktober 2021 20:47

Optimis Lolos Verifikasi, Partai Gelora Target Raih Kursi di Setiap Dapil di Kota Bandung

Reporter : Iman Nurdin
Partai Gelora Indonesia DPD Kota Bandung
Partai Gelora Indonesia DPD Kota Bandung [Iman Nurdin]

KOTA Bandung (limawaktu.id) -- Partai Gelora optimistis lolos verifikasi faktual di Kota Bandung. Partai pimpinan Anis Matta inipun mematok target maksimal di ibu kota Provinsi Jawa Barat tersebut.

Ketua Partai Gelora Kota Bandung, Tekun Abdulkarim Natamidjaja, mengatakan, saat ini partainya sudah memiliki 2.500 anggota di daerah tersebut. Ini dibuktikan dengan adanya 2.500 warga Kota Bandung yang sudah memiliki kartu tanda anggota elektronik (e-KTA).

"Kita punya sistem digital untuk pendataan anggota. Sekarang ada 2.500-an anggota yang terdaftar. Bisa dipastikan yang terdaftar tidak ada nomor KTP yang ganda. Karena kalau ganda kalau tertolak di sistemnya," kata Tekun usai beraudiensi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Kamis (28/10) di Bandung.

Dengan begitu, Tekun pun optimistis partainya bisa menjadi peserta pemilu legislatif 2024 di Kota Bandung. Bahkan, dia menargetkan mampu meraih dua kursi di setiap daerah pemilihan (Dapil) Kota Bandung.

"Untuk DPR RI, DPN menargetkan meraih 157 kursi," katanya. Agar bisa mencapai target tersebut, Tekun memastikan kadernya akan turun langsung ke masyarakat terutama dalam membantu pemulihan ekonomi akibat pandemi virus korona yang saat ini masih terjadi.

"Minggu depan akan menggelar pasar murah. Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan makanan pokok," katanya.

Selain itu, Tekun menyebut pihaknya pun aktif dalam memberikan pelatihan ekonomi di masyarakat. Menurutnya hal ini penting agar semakin banyak warga yang aktif berwirausaha.

"Dengan berwirausaha menjadi pilihan tepat untuk pemulihan ekonomi saat ini. Selain bisa menggerakan ekonomi pelakunya, ini juga bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat lain," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kota Bandung Suharti mengatakan, setiap partai wajib memiliki anggota sedikitnya 2.500 jika ingin dinyatakan lolos verifikasi di Kota Bandung. Ini berdasarkan jumlah penduduk yang saat ini berjumlah sekitar 2,5 juta jiwa.

Namun, dia mengingatkan agar jumlah keanggotaan tersebut benar adanya, yakni berdasarkan keinginan warga yang mendaftar. Selain itu, tidak tercatat ganda dengan tidak menjadi anggota di partai lain.

"Jadi jangan dimasukan sebagai anggota kalau tanpa persetujuan atau sepengetahuan dari warganya. Jangan juga anggotanya terdaftar sebagai kader di partai lain. Itu nanti akan ketahuan karena kami akan melakukan verifikasi faktual," ujarnya.

Meski begitu, Suharti belum bisa memastikan kapan tahapan itu dimulai. "Akan dimulai tahun depan. Tapi waktu tepatnya belum pasti," ujarnya.

Lebih lanjut, Suharti memastikan pihaknya akan berkomunikasi juga dengan partai yang lain. Ini penting dilakukan sebagai bentuk sosialisasi tentang tahapan pemilu.

"Silaturahmi seperti ini harus dilakukan untuk menyampaikan proses tahapan pemilu 2024, baik dengan partai baru maupun lama. Ini penting agar partai tidak serba instant dalam melengkapi syarat administrasi," katanya.

Baca Lainnya

Topik Populer