Sabtu, 6 Oktober 2018 14:35

Oded Minta PD Pasar Bermartabat segera Relokasi Pedagang

Reporter : Iman Mulyono
Wali Kota Bandung Oded M Danial berbincang dengan sejumlah pedagang yang kiosnya ludes terbakar akibat peristiwa  kebakaran di Pasar Sederhana, Kota Bandung, Sabtu, (06/10).
Wali Kota Bandung Oded M Danial berbincang dengan sejumlah pedagang yang kiosnya ludes terbakar akibat peristiwa kebakaran di Pasar Sederhana, Kota Bandung, Sabtu, (06/10). [istimewa]

Limawaktu.id, Bandung - Wali Kota Bandung, Oded M Danial meminta pengelola Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat segera melakukan relokasi sejumlah pedagang terdampak kebakaran yang melanda Pasar Sederhana, Kota Bandung agar bisa kembali berdagang.
Sebelumnya, si jago merah melahap bangunan Pasar Sederhana sekitar pukul 21.40 WIB pada Jumat (05/10) malam. Kurang lebih, sebanyak 200 bangunan kios yang terdapat di blok A1, A2 dan A3 ludes terbakar akibat peristiwa tersebut.

"Secepatnya didata dan selanjutnya direlokasi sementara ke pasar bagian selatan yaitu Pasar Impres. Itu supaya para pedagang bisa kembali berdagang," kata Oded di Bandung, Sabtu (06/10.

Berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, Oded menyebut api diduga berasal dari kompor salah satu kios pedagang. Akibatnya, 395 orang pedagang yang terdiri 200 bangunan kios serta 195 meja dagang habis terbakar.

Oded menyatakan, pada pekan ini relokasi bisa segera dilakukan. Hal tersebut, kata dia, karena pihaknya telah melakukan peninjauan ke Pasar Impres. Menurutnya, semua lapak dagangan di Pasar Impres siap untuk digunakan.

"Secepatnya kita tata supaya mereka kembali beraktivitas dan tidak terganggu dengan musibah ini," kata dia.

Dengan adanya peristiwa tersebut, Oded juga mengimbau agar para pedagang lebih berhati-hati serta harus menjaga kios dan lapaknya. Dia menyebut pedagang harus bisa mengantisipasi potensi kebakaran sejak dini.

Dikatakan Oded, pihaknya sering berkoordinasi dengan PD Pasar Bermartabat perihal musibah kebakaran yang kerap melanda sejumlah pasar di Kota Bandung. Namun, dirinya menilai harus ada peran pedagang untuk bisa mengantisipasi kebakaran.

"Jadi, tidak hanya menyiapkan alat pemadam, namun yang terpenting adanya kedisiplinan dari para pedagang," kata dia.

Baca Lainnya