Kamis, 10 Januari 2019 16:16

Oded: Kantor Pelayanan Harus Representatif

Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial.
Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial mengajak aparatur kewilayahan meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Ia meminta seluruh camat dan lurah mengerahkan segala sumber daya agar pelayanan lebih prima.

"Mulai sekarang sejak kepemimpinan saya, pelayanan harus lebih ditingkatkan," ujar Oded, saat memberikan pembinaan kepada para camat dan lurah di Pendopo Kota Bandung, Rabu (9/1) malam.

Guna menunjang hal itu, Oded akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur penunjang di kewilayahan, terutama kantor kelurahan. Ia ingin agar seluruh kantor kewilayahan layak dan nyaman untuk melayani masyarakat. Pasalnya, banyak kantor kelurahan yang kondisinya kurang prima.

"Bagaimana mau juara kalau kantor pelayanan saja tidak representatif," imbuhnya.

Oded berharap, kantor pelayanan yang baik dapat membuat masyarakat lebih nyaman saat memerlukan pelayanan. Terlebih lagi, kini kantor kewilayahan dijadikan sebagai pusat-pusat pelayanan karena Pemerintah Kota Bandung mengusung prinsip desentralisasi.

Di kantor kewilayahan, warga bisa mendapatkan layanan kependudukan, layanan sosial, pemberdayaan ekonomi, hingga pusat aktivitas masyarakat. Hal itu agar warga bisa lebih mudah mengakses layanan pemerintah.

Oded yang baru dilantik pada September 2018 lalu pun memerintahkan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Ema Sumarna untuk mendata kantor-kantor kewilayahan yang memerlukan perhatian. 

"Inventarisasi dan harus diprioritaskan untuk dibangun," tegas Oded.

Inventarisasi itu juga termasuk mendata kantor kewilayahan yang berstatus sewa. Oded ingin agar hal ini dituntaskan dalam dua tahun.

"Dahulukan kantor-kantor pelayanan kepada masyarakat, dipastikan agar representatif," ucap Oded. (*)

Baca Lainnya