Kamis, 10 Januari 2019 15:45

Ngontrak Kantor, Akankan Keberadaan UPT Metrologi Jamin Kebenaran Ukur di KBB?

Reporter : Fery Bangkit 
Aa Umbara saat me-launching UPT Metrologi di Kabupaten Bandung Barat.
Aa Umbara saat me-launching UPT Metrologi di Kabupaten Bandung Barat. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Bupati Bandung barat, Aa Umbara Sutisna menyatakan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi siap melindungi konsumen dalam kebenaran pengukuran.

Hal itu disampaikan Aa Umbara usai me-launching UPT Metrologi yang dikelola Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) KBB. Dengan beroperasinya UPT Metrologi ini, tidak menutup kemungkinan dapat mewujudkan sebagai Daerah Tertib Ukur

"Pelayanan sudah siap, hanya gedung masih kontrak. Tahun ini kita ajukan bantuan ke kementerian perdagangan, RAB-nya 1,7 miliar,"katanya.

UPT Metrologi ini, lanjut Aa, sudah siap melakukan pelayanan dengan memiliki semua alat ukur baik bagi pedagang pasar maupun SPBU dan SPBE. 

Aa menjelaskan, Bandung Barat masuk dalam 122 kabupaten yang telah siap memiliki UPT Metrologi dari total 560 kabupaten kota di Indonesia. Setahun terakhir persiapan dilakukan setelah sebelumnya masih dibantu Kota Bandung.

"Awalnya baru kantor dan alat timbang, sementara Pengawas, Pengamat dan Penera itu harus khusus, setelah 8 bulan pendidikan dan latihan akhirnya SDM siap," tandasnya.

Aa Umbara melanjutkan, dari sembilan pasar yang dikelola Pemkab Bandung Barat, baru tiga yang dinyatakan tertib ukur. Dengan adanya UPT ini, dirinya berharap semua pasar bisa dinyatakan untuk tertib ukur juga.

Baca Lainnya