Minggu, 27 Mei 2018 0:15

Ngabuburit, TNI-Polri-Pemkab Bandung Barat 'Nyomot' Eceng Gondok dari Das Citarum

Reporter : Fery Bangkit 
TNI, Polri, Pemkab Bandung Barat serta masyarakat menggelar bakti sosial bersih-bersih Daerah Aliran Sungai (DAS) pada Sabtu (25/5/2018).
TNI, Polri, Pemkab Bandung Barat serta masyarakat menggelar bakti sosial bersih-bersih Daerah Aliran Sungai (DAS) pada Sabtu (25/5/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Wujudkan Citarum Harum, unsur TNI, Polri, Pemkab Bandung Barat serta masyarakat menggelar bakti sosial bersih-bersih Daerah Aliran Sungai (das) pada Sabtu (25/5/2018).

Acara bakti sosial itu dilaksanakan di Danau Kota Baru Parahyangan, Padalarang Bandung Barat. Danau tersebut bermuara pada DAS Citarum.

Baca Juga : Spektrum Citarum Tanam Bunga di Situ Cisanti

Berdasarkan pantauan, gelaran bakti sosial itu dimulai pukul 15.30 WIB. Ratusan orang yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Pemkab Bandung Barat dan masyarakat peduli lingkungan nampak bersama-sama mengambil sampah dan eceng gondok.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Yayat T Soemintra, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara dan Dandim 0609/Kab Bandung Letkol Arh Andre Kurniawan menaiki perahu. Mereka menyisir dan mengambil eceng gondok dan sampah untuk dibuang.

Baca Juga : Peringati Hari Air Dunia, PMPR Indonesia Gelar Kegiatan dukung Citarum Harum

Usai acara bersih-bersih, Dandim 0609/Kab Bandung, Letkol Arh Andre Wira Kurniawan mengatakan, permasalahan Sungai Citarum bukan semata-mata masalah nasional saja, namun menjadi permasalahan internasional.

"Ini sudah kemana-mana. Sekarang pemerintah pusat lebih intens dengan Sungai Citarum dengan keluarnya Perpres dari Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Baca Juga : Bersihkan Kali Cipeujeuh sepanjang 2 km, Aksi Nyata dan Edukasi Masyarakat

Sebagai bagian dari bangsa ini, katanya, Kodim 0609/Kab Bandung, Polres Cimahi serta Pemkab Bandung Barat tentunya tidak akan tinggal diam. Untuk upaya pemulihan Sungai Citarum salah satunya dengan bakti sosial seperti ini.

Selain itu, kata dia, peran masyarakat sangat penting untuk memulihkan Sungai Citarum menjadi bersih kembali.

Baca Juga : Dansektor 21 Citarum Harum Kepada Pabrik di Cimahi Soal Limbah: Agustus Harus Sudah Clear

"Jadi kami menghimbau tidak hanya TNI, Polri dan Pemkab Bandung Barat saja, tapi semua masyarakat turut serta. Mari kita jaga alam dan alam akan jaga kita," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, ada sekitar 700 personel yang dilibatkan dalam bersih-bersih DAS Citarum kali ini.

Baca Juga : Jurnalis Peduli Citarum Harum Kukuhkan Eksistensinya Dengan Berbadan Hukum

"Sasarannya bantaran sungai yang menjadi DAS Citarum. Kemudian dari sini, bisa kita lihat bersama gangguannya dari eceng gondok. Tadi bersama kita sudah membersihkan," ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi dukungan dari pihak, seperti Kodim 0609/Kab Bandung, Pemkab Bandung Barat, masyarakat dan pencinta lingkungan lainnya.

Sementara itu, Plt Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra mengapresiasi acara bakti sosial yang diinisiasi Polres Cimahi ini. Menurutnya, bila acara seperti ini lebih sering dilakukan, maka upaya pemulihan Sungai Citarum akan lebih cepat.

"Ini original idenya Pak Kapolres. Jadi kita mengapresiasi. Saya kira semakin banyak yang seperti ini, waktunya akan jauh lebih cepat," ujarnya.

Baca Lainnya