Jumat, 9 Februari 2018 13:41

Nanti, Laporkan Bencana di Cimahi Cukup via Aplikasi ini

Reporter : Fery Bangkit 
Aplikasi Siaga Bencana Kota Cimahi.
Aplikasi Siaga Bencana Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Dinas Komunikasi informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi tengah menyempurnakan pelayanan pelaporan bencana via aplikasi.

Rencananya, aplikasi tersebut akan dinamakan 'Siaga Kebencanaan'. Aplikasi itu tentunya menjadi kabar gembira bagi masyarakat. Pasalnya, masyarakat akan semakin dimudahkan untuk melaporkan bencana di wilayahnya masing-masing.

“Prosesnya masih dalam tahap penyempurnaan. Target tahun ini sudah bisa digunakan masyarakat,” terang Budhi Surya Permana, Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi dan Layanan TIK Diskominfoarpus Kota Cimahi, Jum'at (9/2/2018).

Dijelaskannya, untuk menyampaikan laporan bencana via 'Siaga Kebencanaan' cukup mudah. Masyarakat hanya tinggal mengunduh aplikasi tersebut dalam smartphone masih-masing.

Kemudian, setelah mengunduh aplikasi tersebut, akan dilanjutkan dengan registrasi. Petunjuknya sudah tersedia dalam aplikasi 'Siaga Kebencanaan'. Setelah terintegrasi, maka aplikasi itu bisa langsung digunakan masyarakat untuk melaporkan berbagai kejadian bencana di Kota Cimahi.

“Sebelum diluncurkan, nanti kita rencananya sosialisasikan dulu aplikasinya,” ujar Budhi.

Dijelaskannya, aplikasi 'Siaga kebencanaan' dipastikan terintegrasi langsung dengan instansi terkait. Khususnya Badan Penanggulangan Kebencanaan Daerah (BPBD) Kota Cimahi.

Pasalnya, setelah laporan itu masuk, akan terlebih dahulu diverifikasi oleh pihaknya dan BPBD. Verifikasi laporan sangat penting untuk mengetahui keberadaan bencana.

“Mekanismenya sebelum dilaporkan ke admin, ada Tim Satgas untuk memverifikasi laporan itu hoax atau bukan,” tegasnya.

Aplikasi 'Siaga Kebencanaan' merupakan bagian dari Smart City. Selain aplikasi tersebut, ada sejumlah program lain yang tengah dikembangkan dan disempurnakan oleh Diskominfoarpus Kota Cimahi.

Baca Lainnya