Jumat, 9 Oktober 2020 16:36

Nak! Ayo Bikin KIA Karena Manfaatnya Ternyata Banyak

Penulis : Fery Bangkit 
Pelayanan di Kantor Disdukcapil Kota Cimahi Sebelum Pandemi Covid-19
Pelayanan di Kantor Disdukcapil Kota Cimahi Sebelum Pandemi Covid-19 [Foto Istimewa]

Cimahi - Pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) terus digenjot Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi. Sebab berdasarkan data, hingga saat ini baru 89.122 anak yang memiliki kartu identitas tersebut.

Padahal berdasarkan data Disdukcapil Kota Cimahi, jumlah wajib KIA mencapai 147.755 orang. Artinya, masih ada anak berusia 0 sampai 17 tahun kurang sehari yang belum memiliki KIA.

"Anak yang sudah mengantongi KIA di Kota Cimahi baru 60 persen. Kita akan upayakan semuanya punya KIA," kata Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hidasyah, Jumat (9/10/2020).

Diakui Ade, pencetakan KIA tahun ini terhambat setelah munculnya Covid-19 atau virus korona. Pasalnya, kebiasaan pihaknya bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan menjemput bola ke lapangan harus terhenti karena aktivitas sekolah tatap muka dihentikan.

"Tapi kalau pencetakan di kita jalan terus. Kan masih ada lewat program 3 in 1 itu. Misalnya anak bikin akta kelahiran, kita bikin sekalian sama KIA-nya," ujarnya.

Program KIA sendiri mulai diaplikasikan tahun 2016 dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 tentang KIA. Saat itu Kota Cimahi menjadi salah satu wilayah percontohan pembuatan kartu tersebut.

Dijelaskan Ade, cara membuat KIA bagi anak sendiri cukup mudah. Bagi anak berusia 0-5 tahun, orang tua hanya cukup menyertakan akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kedua orang tua.

Sementara untuk anak berusia 5-17 tahun harus menyertakan akta kelahiran, KK dan KTP orang tua serta dua lembar pas foto warna berukuran 2x3. "Kalau untuk anak 0-5 tahun itu tanpa foto, nanti kalau sudah lewat usia itu dicetak lagi pakai foto," terang Ade.

Dirinya melanjutkan, KIA ini sangat bermanfaat bagi anak sama seperti KTP. Contohnya, misal anak kehilangan orang tuanya saat bermain. Dengan kartu tersebut, maka identitas anak tersebut akan mudah teridentifikasi.

Manfaat lainnya, rencananya Disdukcapil Kota Cimahi akan bekerja sama dengan sejumlah tempat, seperti toko buku, tempat pariwisata, perbankan agar KIA bisa digunakan untuk program-program yang sesuai dengan anak-anak.

"Misal beli buku dapat diskon karena pakai KIA. Tapi belum berjalan saat ini mah, baru buat identitas saja. Buat bepergian kaya beli tiket kereta udah bisa," pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer