Jumat, 17 Januari 2020 15:35

Naik Signifikan, Segini Penumpang yang Naik Damri Gratis dari Cimahi ke BIJB Kertajati Sepanjang 2019

Kepala Seksi Angkutan Pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang (Tengah)
Kepala Seksi Angkutan Pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang (Tengah) [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Jumlah penumpang yang diangkut dari Kota Cimahi menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka sejak Agustus hingga Desember 2019 mencapai 3.742 orang.

Rinciannya, Agustus sebanyak 288 orang, September 961 orang, Oktober sebanyak 812 orang, November sebanyak 746 orang dan Desember sebanyak 935 orang. Para penumpang itu diangkut menggunakan layanan gratis Damri.

"Dari sisi jumlah penumpang yang berangkat dari Cimahi ke BIJB Kertajati dan juga sebaliknya, terdapat peningkatan signifikan. Total penumpang sebanyak 3.742 orang," terang Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Jumat (17/2/2020).

Menurut Ranto, penumpang yang memanfaatkan layanan bus Damri subsidi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI itu berasal dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Sama saja jumlahnya dari tiga wilayah itu. Kalau rata-rata per hari masih minim hanya 25 kalau dari Cimahi," katanya.

Dalam rapat evaluasi, terang Ranto, Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung meminta agar dibuka trayek khusus dari Soreang, Kabupaten Bandung. "Tapi kita sarankan lebih baik perpanjangan rute saja. Jadi dari Soreang nanti masuk ke Cimahi baru ke BIJB Kertajadi. Jadi lebih efektif," jelas Ranto.

Layanan bus Damri dari Cimahi-BIJB Kertajati masih berlaku gratis hingga Agustus mendatang. Ada lima unit bus Damri yang akan melayani penumpang. Titik keberangkatan di Cimahi berada di kawasan The Edge, Baros.

Bus layanan gratis yang disediakan Kemenhub itu berangkat mulai pukul 02.00 WIB, pukul 06.00 WIB, pukul 11.00 WIB dan pukul 15.00 WIB. Sedangkan dari BIJB Kertajati pukul 07.00 WIB, pukul 11.00 WIB, pukul 16.00 WIB dan pukul 22.00 WIB.

Baca Lainnya