Rabu, 13 Juni 2018 16:07

Mudik Gratis Bikin PO Bus Reguler di Cimahi Merana

Reporter : Fery Bangkit 
Pemberangkatan Mudik Gratis Dinas Perhubungan Kota Cimahi beberapa hari lalu.
Pemberangkatan Mudik Gratis Dinas Perhubungan Kota Cimahi beberapa hari lalu. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Adanya pemudik yang memantaatkan jasa mudik gratis membuat jumlah pemudik yang menggunakan bus reguler menurun drastis.

Hal tersebut dialami para agen penjualan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Kota Cimahi.

Baca Juga : Pemkot Cimahi Berangkatkan Ratusan Pemudik Gratis Semarang-Solo

Akibat adanya mudik gratis, yang salah satunya dilaksanakan Dinas Perhubungan Kota Cimahi, sejumlah PO bus di sekitar Jalan Gedong Opat, Cimahi nampak sepi.

Ricky (31), agen PO Kramat Djati mengungkapkan, tahun ini penurunan penumpang yang dialaminya sangat drastis. Bila tahun sebelumnya bisa 60 penumpang, namun lebaran ini hanya sekitar 30 penumpang.

Baca Juga : Senyum Bahagia Warga Cimahi Ikut Mudik Gratis Dinas Perhubungan

"Ini udah H-2 lebaran juga penumpangnya tetap normal kaya hari biasa, bahkan lebih parah," kata Ricky saat ditemui di Jln. Gedong Opat, Rabu (13/6/2018).

Diakuinya, adanya program mudik gratis dari berbagai instansi menjadi faktor utama semakin menurunnya pemudik yang menggunakan bus.

Baca Juga : Cuti Panjang Pengaruhi Lengangnya Arus Mudik di Cimahi

"Selain itu, ada juga yang milih pake kereta sama motor," ucapnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kota Cimahi telah memberangkatkan 613 pemudik asal Cimahi diberangkatkan secara gratis melalui program 'Mudik Gratis Lebaran 2018'.

Baca Juga : Cabai Tanjung di Cimahi Sentuh Rp 80 Ribu/kg

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengatakan, pelaksanaan mudik gratis angkutan lebaran ini merupakan yang kedua di Kota Cimahi. Salah satu tujuannya, untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas.

"Ini salah satu kepedulian, karena moment lebaran ini moment ritual khusus. Menjadi acara tahunan," kata Ajay usai pelepasan.

Peserta pemudik gratis kali ini meningkat dua kali lipat dibandingkan pelaksanaan mudik gratis pertama tahun 2017 kemarin. Tahun 2017, hanya 308 pemudik yang diangkut menggunakan delapan bus.

Total anggaran yang dikeluarkan Dinas Perhubungan Kota Cimahi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi mencapa Rp 148 juta, dari total pagu anggaran awal Rp 160 juta.

"Ke depan insyaAlloh kita akan perbaiki. Ini naik dua kali lipat," tutur Ajay.

Baca Lainnya