Selasa, 17 April 2018 16:42

Mudik Gratis ala Pemkot Cimahi Diserbu Warga, ini Buktinya

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Net Edited]

Limawaktu.id,- program mudik gratis ala Dinas Perhubungan Kota Cimahi langsung diserbu warga. Terbukti, dua hari pendaftaran dibuka, pendaftar sudah mencapai 360 calon penumpang.

Artinya, sisa kuota mudik gratis tahun kedua di Kota Cimahi ini hanya menyisakan 140 kursi lagi. Pasalnya, Dinas Perhubungan hanya menyediakan 500 kuota mudik gratis untuk tahun ini.

"Yang terdaftar sudah 360 orang. Ini hari kedua (pendaftaran). Berarti sisanya tinggal 140 orang," kata Ranto Sitanggang, Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Selasa (17/4/2018).

Pendaftaran akan dibuka sampai 8 Juni 2018. Untuk mengangkut 500 pemudik asal Cimahi, Dinas Perhubungan Kota Cimahi sudah menyediakan 12 unit bus.

Mudik gratis Dinas Perhubungan Kota Cimahi tahun 2018 akan menuju dua kota, yakni Semarang via Utara Cirebon yang akan melintasi Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal dan Semarang.

Serta kota Solo via Selatan Yogyakarta, Tasikmalaya, Banjar, Kebumen, Yogyakarta, Klaten dan Solo.

Untuk mengantisipasi membludaknya warga yang ingin ikut mudik gratis, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dishub Pemprov Jabar. Dengan demikian, warga Kota Cimahi yang tidak kebagian bus di Cimahi bisa ikut serta di program mudik yang disediakan Pemprov Jabar.

"Ini (biaya) dianggarkan dari APBD Cimahi. Kalau tidak bisa menampung (pemudik) kita lemparkan ke Pemprov," ujar Ranto.

Pemudik sendiri akan diberangkatkan pada H-3 Idul Fitri 2018 dari Komplek Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah.
"InsyaAlloh mudik gratis akan dilepas Wali Kota (Ajay) pada H-3 mudik Lebaran 2018," terang Ajay.

Sementara itu salah seorang warga, Yana Suryana (39) mengaku sangat terbantu dengan disediakannya angkutan mudik gratis oleh Pemkot Cimahi. Karena dengan adanya angkutan mudik gratis, dirinya tak lagi was-was saat akan pulang ke kampung halaman.

"Saya dan keluarga sangat terbantu. Karena saat mudik itu biasanya susah nyari tiket, berdesak-desakan, dan lainnya," kata warga Cimahi Tengah ini usai mendaftar.

Yana mengaku ini baru pertama dirinya dan keluarga ikut mudik gratis. Mudah-mudahan, program angkutan mudik gratis bisa terus berjalan tiap tahunnya.

Baca Lainnya