Jumat, 17 Juni 2022 13:33

MTQ Jabar Cari Bibit Unggul Untuk MTQ Nasional

Reporter : Iman Nurdin
Jabar Punya Informasi memaparkan kesiapan MTQ Jabar Juara di Sumedang, 18-25 Juni 2022
Jabar Punya Informasi memaparkan kesiapan MTQ Jabar Juara di Sumedang, 18-25 Juni 2022 [Iman Nurdin]

Bandung (Limawaktu.id), -  Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, penyelenggaraan musabaqoh tilawatil Quran (MTQ) tingkat Jawa Barat di Kab. Sumedang merupakan upaya mencari bibit unggul untuk jadi wakil di tingkat nasional. Lebih dari itu, MTQ ini pun upaya syiar Islam dan meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. 

"MTQ ini merupakan ajang pencarian qori dan qoriah terbaik di Jawa Barat untuk menjadi wakil Jabar di tingkat nasional. Bukan hanya kemampuan qiroatul Quran yang Juara, tapi juga meningkatkan iman takwa masyarakat Jabar, " ujar Uu, saat pemaparan di Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jumat (17/06/2022).

Uu menyayangkan, saat ini semakin berkurang sekali pesantren yang mendedikasikan pada qiroatul Quran. Berbeda dengan zaman dulu, di setiap pesantren ada pengkhususan ke seni membaca Al-Quran.

"Untuk itulah, pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mendorong peningkatan qori dan qoriah terbaik, melalui LPTQ. Mereka yang belajar di LPTQ diberi bea siswa dan difasilitasi oleh pemerintah, " ujar Uu.

Walau begitu, Uu mengatakan dengan qori dan qoriah Jawa Barat masih juara ketiga di tingkat nasional. Posisi ini harus  ditingkatkan sehingga benar-benar Jabar juara lahir bathin. Untuk itulah, MTQ Jabar di Kabupaten Sumedang pada 18 -25 Juni, untuk meraih MTQ Nasional di Oktober mendatang.

"Kita sudah juara PON 2020 lalu, sekarang harus sandingkan juara MTQ 2022 di Kalimantan Selatan, Oktober mendatang, " harapnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer