Kamis, 27 Juni 2019 12:27

MPP Kota Cimahi Gagal Lelang, ini Dampaknya!

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi.
ilustrasi. [net]

Limawaktu.id - Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Cimahi mencatat, ada 115 perusahaan yang mendaftar lelang tender Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi.

Dari ratusan pendaftar, hanya tujuh perusahaan yang melakukan penawaran. Lebih parahnya lagi, tidak ada satu pun perusahaan yang menang lelang proyek senilai Rp 83 miliar itu, karena tidak memenuhi syarat. Artinya, lelang edisi pertama pembangunan MPP gagal!

"Ketujuh peserta yang mengajukan penawaran, setelah diseleksi ternyata tidak ada yang memenuhi persyaratan," kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Cimahi, Ainul Yakin
saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Rabu (26/6/2019).

Dikatakannya, dalam waktu dekat proses lelang akan kembali dilakukan. Jika lelang ke depan ada peserta yang memenuhi persyaratan, maka anggarannya tidak akan sama dengan anggaran lelang pertama.

Sebab akibat gagal lelang, ada waktu yang terpotong hingga pengerjaannya pun tidak akan sama dengan yang ditawarkan lelang pertama. Pada lelang pertama, pagu anggaran yang disiapkan mencapai Rp 83 miliar dengan durasi kerja 6,5 bulan.

"Namun karena gagal lelang, tentunya membutuhkan waktu untuk lelang lagi hingga ada waktu yang terpotong. Kita perkirakan jika lelang ulang berhasil, waktu pengerjaan yang dibutuhkan 4,5 bulan," terang Ainul.

Ainul belum bisa memastikan apakah lelang mega proyek MPP itu akan sukses atau tidak. Jika kembali gagal, solusi lanjutan pun diakuinya belum terpikir untuk saat ini. Pihaknya perlu melihat apakah lelang pembangunan MPP masih bisa dilakukan tahun ini, atau di tahun berikutnya.

"Kita akan lihat dulu bisa tahun sekarang atau tidak. Kalau tidak memungkinkan, bisa saja tahun depan sesuai prosedur. Tapi mudah-mudahan untuk lelang ulang ini ada pendaftar yang memenuhi syarat untuk mengerjakan pembangunannnya," jelasnya.

Sebetulnya, lanjut Ainul, pagu anggaran yang disiapkan tahun ini tidak akan cukup untuk membangun MPP hingga 100 persen. Sebab, butuh Rp 120 miliar agar tempat pelayanan terpadu nanti bisa selesai.

"Jadi kalaupun kemarin lelang ada pemenangnya, bukan berarti pembangunan MPP beres. Diperkirakan paling 75% persennya," tandasnya.

Sekedar informasi, MPP akan dibangun di wilayah Aruman, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Pembangunan mega proyek itu akan dibuat di atas lahan seluas 11.005 meter persegi.

Baca Lainnya