Kamis, 2 Mei 2019 14:50

Mohon Maaf!Sementara Waktu BPJS Kesehatan-Rumah Sakit Mitra Kasih Putus Dulu

Pelayanan BPJS di Rumah Sakit Mitra Kasih terlihat sepi.
Pelayanan BPJS di Rumah Sakit Mitra Kasih terlihat sepi. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Terhitung sejak 1 Mei 2019 2019, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghentikan sementara pelayanan Jaminan Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Rumah Sakit Mitra Kasih.

Sebab, akreditasi rumah sakit yang terletak di Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi itu telah kadaluwarsa. Akreditasi rumah sakit sendiri berlaku tiga tahun.

Baca Juga : Punya Gedung Baru, BPJS Kesehatan Diharap Tingkatkan Pelayanan

Pengumuman penghentian sementara pelayanan BPJS Kesehatan itu tertempel di Rumah Sakit Mitra Kasih dan tersebar ke jejaring Media Sosial (Medsos).

"Mohon maaf yang sebesar-besarnya dengan adanya pemberitahuan dari BPJS untuk sementara RS tidak bisa menerima pasien BPJS kecuali pasien hemodialisa dan gawat darurat sampai ada pemberitahuan selanjutnya," tulisan di lembar pengumuman.

Pemberitahuan dihentikannya pelayanan BPJS di Rumah Sakit Mitra Kasih untuk sementara waktu.

Baca Juga : Tahun Politik, Tunggakan BPJS Kesehatan ke RSUD Masih Rp 30 Miliar

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Chanifah Listyarini membenarkan bahwa Rumah Sakit Mitra Kasih untuk sementara ini tidak melayani pasien BPJS Kesehatan. Akreditasi ulang sudah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, tapi hasilnya belum keluar.

"Hasil akreditasi belum turun jadi ditutup dari BPJS-nya untuk rujukan sementara sampai turun sertifikat re-akreditasinya," ujarnya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Kamis (2/5/2019).

Baca Juga : Iuran BPJS Warga Purwakarta Dibayar Pemda 

Terpisah, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cimahi, Idham Cholid  mengatakan, pihaknya terpaksa menghentikan layanan JKN-KIS di Rumah Sakit Mitra Kasih karena tidak terpenuhinya syarat kerja sama sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Kaminan Kesehatan.

"Jadi tidak terpenuhi syarat kerja sama sesuai perundang-undangan yang berlaku, yaitu belum adanya sertifikat akreditasi rumah sakit," jelasnya.

Baca Juga : Hutang Klaim dari BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Impas Bikin 'Nyaman' Pegawai Rumah Sakit

Dalam hal ini, kata dia, pihak Rumah Sakit Mitra Kasih tidak kooperatif dalam mengurus akreditasinya. Padahal, akreditasi rumah sakit itu sangat penting. Tujuannya, untuk memastikan kualitas pelayanan dan sarana prasarananya yang baik dan menunjang mutu layanan. 

Rumah Sakit Mitra Kasih di Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi.

"Terpaksa putus dulu pelayanan kerja sama, demi menjaga mutu pelayanan," tandasnya.

Sementara itu, saat dimintai konfirmasi, pihak Rumah Sakit Mitra Kasih yang berwenang memberikan penjelasan tengah tak berada di tempat. Pihak keamanan menyarankan untuk datang dilain kesempatan.

Baca Lainnya