Rabu, 21 November 2018 15:39

Mobil Hemat Energi 'Astrajigga' Bakal Mejeng di Padang 

Reporter : Fery Bangkit 
Karya anak bangsa diluncurkan di kampus Unjani Cimahi, Jalan Terusan, Rabu (21/11/2018) oleh, Rektor Unjani Witjaksono M.Sc, NSS. 
Karya anak bangsa diluncurkan di kampus Unjani Cimahi, Jalan Terusan, Rabu (21/11/2018) oleh, Rektor Unjani Witjaksono M.Sc, NSS.  [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi -  mobil hemat energi dengan 'Astrajingga' karya Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknis Mesin Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) bakal mengikuti Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 di Padang 27 November - 1 Desember 2018.

Kompetisi ini merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Baca Juga : Asal-usul 'Astrajingga', Mobil Hemat Energi dari Unjani

Karya anak bangsa itu diluncurkan di kampus Unjani Cimahi, Jalan Terusan, Rabu (21/11/2018) oleh, Rektor Unjani Witjaksono M.Sc, NSS. 

Prosesi peluncuran yang dilakukan diantaranya pemasangan stiker Unjani, logo Jurusan Teknik Mesin Bandung serta logo ikatan alumni, lalu tim melakukan uji coba kendaraan dengan mengelilingi area rektorat Unjani.

"Ini menjadi pertama kalinya Unjani ikut. Saya bangga sekaligus bahagia karena ini murni inisiatif mahasiswa," ujarnya.

Menurut Witjaksono, Unjani Cimahi sangat mendukung kreatifitas mahasiswa dan membiayai kebutuhan pendanaan tim ke Padang. Termasuk, pembinaan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam perakitan mobil yang dilombakan oleh jajaran dosen dan jurusan.

"Kami dorong mahasiswa untuk kreatif, tiap Jum'at saya keliling himpunan minta mereka buat sesuatu nanti kita dukung. Tapi harus ciptaan sendiri, karena kreatifitas itu ada dalam moto Unjani," imbuhnya.

Ia melanjutkan, kreatifitas sangat dibutuhkan untuk menunjang kemampuan akademis. Untuk itu, Unjani bertekad untuk selalu menciptakan lulusan yang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat banyak.

"Siapa tahu dilirik hasil karya mahasiswa ini bisa jadi prototipe produksi mobil hemat energi Indonesia ke depan," jelasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer