Selasa, 21 Agustus 2018 17:56

Minimarket di Cimahi Langgar Jam Operasional, Baru ini yang Dilakukan Satpol PP

Reporter : Fery Bangkit 
Minimarket di Jalan Terusan Jenderal Sudirman, Kota Cimahi yang Sempat Ditutup dan Akhirnya Dibuka kembali.
Minimarket di Jalan Terusan Jenderal Sudirman, Kota Cimahi yang Sempat Ditutup dan Akhirnya Dibuka kembali. [Fery Bangkit / Limawaktu]

Limawaktu.id - Hampir semua Minimarket berbagai 'brand' di Kota Cimahi melanggar Jam Operasional yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penataan Pasar Tradisional dan Pasar Modern.

Hal tersebut diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Cimahi, Dadan Darmawan saat ditemui di Komplek Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (21/8/2018).

Baca Juga : Puluhan Minimarket di Cimahi Segera Ditutup

Dikatakan Dadan mengatakan, berdasarkan pengamatan, hampir semua minimarket di Kota Cimahi buka di bawah pukul 10.00 WIB. Hal tersebut jelas melanggar aturan. Padahal berdasarkan Perda, aturannya minimarket itu buka pukul 10.00-22.00 WIB.

"Kenyanataanya mereka (minimarket) rata-rata jam 8 (pagi) sudah buka," terang Dadan.

Baca Juga : Pemkot Cimahi Ungkap Jumlah Minimarket Tak Berizin di Cimahi

Untuk kepastian jelasnya, kata Dadan, pihaknya akan menelusuri langsung ke lapangan. Jika hasilnya benar-benar melanggar Perda, pihaknya akan memberikan himbauan terlebih dahulu.

"Nanti kita kasih himbauan dulu supaya mematuhi aturan yang ada," tegasnya.

Menurutnya, di Kota Cimahi ada sekitar 110 minimarket. Hampir semuanya melanggar jam operasional. Sambil menunggu laporan di lapangan, lanjut Dadan, pihaknya akan fokus terhadap minimarket yang diketahui buka 24 jam.

Menurut Dadan, ada beberapa minimarket yang buka 24 jam seperti minimarket di Jalan Gatot Subroto dan Jalan Sudirman.

Untuk penindakan, kata lanjut Dadan, pihaknya tak terlepas koordinasi dengan pihak lain. Seperti Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu serta Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perdagangan.

"Prinsipnya kalau kami Perda yang ada karena posisi kami sebagai penegak Perda," tegasnya.

Terpisah, Kepala Seksi Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Cimahi, Agus Irwan menyebutkan, pihaknya sudah mengumpulkan para pelaku usaha minimarket untuk menyosialisasikan terkait jam operasional minimarket di Kota Cimahi.

"Saya sudah mengumpulkan owner minimarket, sudah dijelaskan secara gamlpang," katanya.

Baca Lainnya