Minggu, 27 Oktober 2019 15:14

Minim Lahan, Berapa Produksi Beras di Cimahi Setiap Tahunnya?

Reporter : Fery Bangkit 
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna saat menghadiri pengenalan tanam padi modern di sawah Jalan Aruman RT 0207 Kelurahan Cibabat Minggu (27102019)
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna saat menghadiri pengenalan tanam padi modern di sawah Jalan Aruman RT 0207 Kelurahan Cibabat Minggu (27102019) [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Pemkot Cimahi menyebutkan, Produksi Beras di Kota Cimahi hanya 1.674,13 ton per tahun. Jumlah produksi beras itu didapat dari 137,14 hektare lahan sawah tersisa di Kota Cimahi.

Jumlah hasil panen tersebut jelas tidak akan mencukupi untuk kebutuhan pangan masyarakat Kota Cimahi yang mencapai sekitar 548.373 jiwa. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan pangan, Cimahi hampir dipastikan akan selalu bergantung kepada daerah lain.

"Itu hanya cukup untuk 2,85 persen saja dari kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan pangan, perlu dipenuhi dari daerah lain," kata Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna saat ditemui di lahan sawah Jalan Aruman, Cibabat, Kota Cimahi, Minggu (27/10/2019).

Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna saat menghadiri pengenalan tanam padi modern di sawah Jalan Aruman RT 0207 Kelurahan Cibabat Minggu (27102019)

Panen padi itu diperoleh dari 137,14 lahan sawah tersisa di Kota Cimahi atau 3,43 persen dari total luas wilayah Cimahi yang hanya 40 kilometer persegi lebih. Lahan sawah itu tersebar di Kecamatan Cimahi Utara 85,42 hektare, di kecamatan Cimahi Selatan 46,3 hektare dan Kecamatan Tengah 4,42 hektare.

Ajay mengklaim, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk pemenuhan ketersediaan pangan di Kota Cimahi. Seperti menyediakan lahan abadi sesuai yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Luas Lahan Pertanian Berkelanjutan (LP2B).

"Lahan sawah seluas 33,09 hektare masuk dalam Perda RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) yang tidak boleh dialihfungsikan. Kecuali untuk kepentingan tertentu sesuai yang diisyaratkan dalam ketentuan," jelas Ajay.

Pada lahan abadi itu, lanjut Ajay, pihaknya memberikan bantuan berupa bibit, alsintan, pupuk dan pembinaan terhadap petani. "Upaya ini diharapkan dapat menggenjot produktifitas pertanian dan mengurangi alih fungsi lahan," pungkasnya.

Kepala Bidang Pangan pada Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Rini Taihuttu menambahkan, pemenuhan pangan beras bagi masyarakat Kota Cimahi itu didatangkan dari sejumlah wilayah. Seperti Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Subang, Cianjur, Karawang dan Sumedang. "Kalau untuk sayur dan buah itu dari Bandung Barat sama Kabupaten Bandung. Ada juga dari wilayah Cimahi," terangnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer