Rabu, 2 Juni 2021 17:56

Minat Warga Luar untuk Menetap di Cimahi Terbilang Tinggi

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Minat warga luar untuk menetap di Kota Cimahi tergolong tinggi. Mayoritas mereka yang ingin menetap di Kota Cimahi adalah karena alasan mendapatkan Pendidikan atau memperoleh pekerjaan.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pendataan Kependudukan Disdukcapil Kota Cimahi Ade Hindasah mengungkapkan, pihaknya kerap memberikan pelayanan kepada mereka yang ingin memiliki keterangan sebagai warga yang menetap di Kota Cimahi karena alasan sekolah atau bekerja.

“Mahasiswa atau pekerja yang kost di Cimahi biasanya mengajukan permohonan keterangan domisili sebagai warga yang menetap di Kota Cimahi, “ ungkapnya, Rabu (2/5/2021).

Dijelaskan Ade, dalam setahun ada ratusa warga dari luar kota untuk menetap di Cimahi karena alasan sekolah dan bekerja tersebut. Rata-rata mereka menetap di Cimahi Selatan karena banyaknya industry sebagai tempat bekerja ataupun sekolah ataupun kuliah di perrguruan tinggi.

“Dalam setahun lebih dari 200 warga yang meminta keterangan penduduk sementara ini,” jelasnya.

Dalam setahun, jika mereka masih menetap di Kota Cimahi harus melakukanm perpanjangan keterangan tersebut, atau bagi yang menjadi warga Cimahi mereka harus melakukan pindaj kependudukan, sebelum mengajukan untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Jika sudah setahun keterangan tersebut harus diperpanjang lagi,” paparnya.

Warga yang akan pindah menjadi warga Cimahi, pemohon harus datang ke kelurahan dan menyerahkan berkas persyaratan kepada Petugas Registra Kelurahan.

Jika berkas/dokumen permohonan lengkap dan benar, maka permohonan akan diproses lebih lanjut dengan pengisian formulir permohonan sampai ditandatangani oleh Lurah, dan setelahnya berkas untuk dibawa ke Disdukcapil untuk proses selanjutnya.

“Mereka harus menyerahkan berkas permohonan kepada Petugas Pelayanan Surat Pindah Di Disdukcapil Surat Keterangan Pindah dan Surat Keterangan Biodata diterbitkan, ditandatangani oleh Kepala Dinas dan dicap basah,” pungkasnya.   

Baca Lainnya

Topik Populer