Kamis, 10 Mei 2018 14:47

Meski Belum Tuntas, Rambu Petunjuk Arah Sudah Terpasang di Flyover Padasuka

Reporter : Fery Bangkit 
 Rambu petunjuk arah tersebut sudah terpasang tepat sebelum proyek flyover Padasuka.
Rambu petunjuk arah tersebut sudah terpasang tepat sebelum proyek flyover Padasuka. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Pembangunan flyover Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi hingga kini memang Belum rampung. Padahal, proyek milik Pemerintah Kota Cimahi itu sudah dimulai sejak 2016.

Namun, rambu-rambu lalu lintas pelengkap seperti petunjuk arah sudah mulai terpasang di beberapa titik. Contohnya, rambu petunjuk arah tersebut sudah terpasang tepat sebelum proyek flyover Padasuka.

"Itu rambu petuntuk jalan dipasang 2017," terang Endang, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi saat dihubungi via pesan singkat, Kamis (10/5/2018).

Jika flyover warisan eks Wali Kota Cimahi, Atty Suharti itu sudah selesai , sudah dipastikan bahwa Dinas Perhubungan Kota Cimahi akan menambahkan rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan.

Selain itu, kata Endang, pihaknya juga sudah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas menuju flyover Padasuka. Namun, rencana rekayasa akan terlebih dahulu dikoordinasikan dengan pihak kepolisian.

"Rencana rekayasa, termasuk penempatan rambu dan markanya sudah kita siapkan," tutur Endang.

Pihaknya berharap, pembangunan flyover bernilai belasan miliar tersebut segera selesai.

Proyek tersebut dimulai September 2016 dan ditargetkan rampung Desember 2016. Namun, target tersebut meleset. Alasannya, karena ada intruksi dari PT KAI agar tidak ada aktifitas pembangunan di sekitar rel kereta api saa libur tahun baru.

Saat itu, pembangunan diperkirakan mencapai 70%, dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp 13 miliar. Setelah itu, pembangunan lanjutan pun tak kunjung dilaksanakan. Pemerintah Kota Cimahi katanya tengah berkutat dengan review anggaran.

Setelah berkutat dengan berbagai wacanan, akhirnya awal Mei 2018 ini pembangunan akan dilanjutkan. Untuk menuntaskan flyover pada suka, anggaran yang telah disepakati dengan pemenang lelang mencapai Rp2.462.422.000.

"Dua atau tiga minggu ke depan pemasangan girder. Saya harapkan minimal lebaran ini bisa dilintasi orang," kata Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Cimahi Wilman Sugiansyah.

Baca Lainnya