Minggu, 27 Februari 2022 22:29

Menumbuhkan Rasa Kebangsaan Lewat Festival Vocal Group

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Ada cara lain dilakukan oleh Komunitas Musisi Cimahi (KMC) bersama Rumah Asiprasi Agung Budi Santoso (ABS) dalam menumbuhkan rasa kebangsaan dikalangan milenial dan masyarakat umum. Batapa tidak, lewat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, pengemasan pun dilakukan secara berbeda, yaitu dengan menggelar Festival Vocal Group 4 Pilar Kebangsaan, yang digelar di Pendopo DPRD Kota Cimahi, pada Minggu (27/2/2022).

Ketua Momunitas Musisi Cimahi (KMC) Ratno Wibowo menyebutkan, biasanya sosialisasi 4 Pilar kebangsaan ini dilakukan seperti reses, namun kali ini dilakukan dengan cara lain yaitu melalui Festival Vocal Group lagu-lagu kebangsaan.

“Vocal Group nilai kebangsaannya lebih tinggi, nilai kesulitannya juga lebih tinggi, itulah alasan kami menggelar Festival Vocal Group ini,” sebutnya.

Koordinator Rumah Aspirasi Agung Budi Santoso Iwan Setiawan  mengungkapkan, digelarnya Festival Vocal Group antar SMA dan Umum ini karena diperbolehkan oleh penyelenggara Sosialisasi 4 Pilar  Kebangsaan. Awalnya kegiatan ini ditujukan untuk Karang Taruna, namun karena masa Pandemi dan alasan lain, Karang Taruna sepertinya sedang mati suri.

“Kegiatan ini sangat cocok dilakukan kepada kaum milenial, yang saat ini rasa kebangsaannya dinilai makin menipis,” ungkapnya.

Sedangkan Juri Festival yang juga penyanyi Pop asal Cimahi  Nadila dalam evaluasinya untuk para peserta mengatakan, setiap kelompok vokal harus terbentuk dahulu chemistrynya, jika hal itu sudah terjalin dengan lagu apapun hasilnya akan lebih bagus.

“Ketika Chemistrynya terjalin, auranya akan keluar,” jelasnya.

Dewan Juri Festival vocal Group 4 Pilar Kebangsaan yang diketuai musisi senior Ari Suwignyo dengan anggotanya Amik Permana dan Nadila tersebut, menetapkan juara untuk kategori SMA maupun Umum.

Pada Kategori tingkat SMA Juara 1 diraih oleh SMAN 13 Cimahi, juara kedua SMK Nurul Hidayah, sedangkan Juara 3 SMK Tunas Bangsa. Sementara kategori umum Juara Pertama disabet oleh S2C ( Solid Social Community ), Juara 2 KPPI ( Kaukus Perempuan Politik Indonesia ) dan Juara 3 FPPI ( Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia ).

Sedangkan Angel, salah seorang personil S2C, peraih Juara Pertama Kategori Umum mengaku bangga atas prestasi yang diraihnya dalam Festival Vocal Group 4 Pilar ini, karena kelompoknya hanya empat hari saja melakukan latihan menghadapi Festival kali ini.

“Kami merasa bangga dengan raihan juara pertama ini, terimakasih untuk panitia,” pungkasnya.

 

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer