Kamis, 20 Januari 2022 22:06

Menumbuhkan Kemandirian Siswa SMAN 2 Cimahi dengan Daci Art Festival and Technology

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Menumbuhkan kemandirian dan jiwa kewirausahaan bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti yang dilakukan SMA Negeri 2 Cimahi dalam membina para siswanya. Lewat ajang yang bertajuk Daci Art Festival and Technology, para siswa dibina daya kretaivitas dan inovatifnya di sekolah yang dipimpin Doddy Sularto ini.

“  Untuk membina siswa/siswi berlaku kreatif, inovatif dan mampu mengembangkan bakatnya, saat  keluar sekolah diharapkan mampu hidup mandiri, karena tidak semua siswa yang berkesempatan masuk ke perguruan tinggi,” terangnya, usai pembukaan kegiatan, yang berlangsung di kampus SMA negeri 2 Cimahi, Kamis (20/1/2022).

Menurut dia, lewat Daci Art Festival and Technology ini,  karya-karya dari tangan terampil siswa ditampilkan kepada publik lewat kegiatan pameran, dengan harapan agar mereka terdidik  jiwa kewirausahaan.

Dikatakannya, meskipun masih dalam suasana pandemic Covid-19, kegiatan tetap dilaksanakan karena Kota Cimahi dalam suasana landai Covid-19, serta mendapatkan izin dari Satgas Covid-19.

“Sebelum pandemi kami sudah merencanakan proses pembelajaran yang cocok di sekolah ini, baru saat ini kegiatan bisa terlaksana, ” katanya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Cimahi Maria Fitriana yang hadir membuka kegiatan ini mengungkapkan, melalui kegiatan ini kreativitas siswa bisa muncul dan hasilnya tidak terduga. Ini mendukung pengembangan sumber daya manusia di Kota Cimahi yang tidak memiliki sumber daya alam.  

“berawal dari sekolah, menjadi harapan kita kedepan, karena anak-anak ini telah membuktikan kemampuannya dalam membuat karya seni, yang dapat punya nilai jual, ” ungkapnya.

Dia melanjutkan,  jika  anak-anak  diberikan kesempatan untuk memuculkan kreativitas dan potensinya,  banyak hal yang tidak terduga dari apa yang dipikirkan sebelumnya. Pameran dan pasar seni yang digelar oleh SMA 2 Cimahi merupakan suatu ajang yang luar biasa dan mampu mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Hal ini bisa dikerjasamakan dengan Usaha Mikro Kecil dan Menegah yang ada di kota Cimahi.

Pasar Seni dan Pameran Karya-karya Tangan terampil Anak SMAN 2 tersebut akan membangkitkan semangat siswa-siswi dalam berwirausaha, karena sangat bagus kelak mereka lulus dari SMAN 2 ini, mampu untuk berwirausaha sendiri, hidup mandiri dan mampu menjadi pengusaha.

Baca Lainnya