Jumat, 18 Januari 2019 13:09

Mensinkronkan Keinginan Warga Melong dengan Program Pemerintah melalui FGD Musrenbang 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Sejumlah keinginan warga Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi dibahas dalam Forum Group Discussion (FGD) Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Partisipatif, yang digelar Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Melong, pada Kamis (17/1). 

Menurut Deden Hidayat Lurah Melong, FGD merupakan rangkaian kegiatan Musrenbang yang bakal digelar serentak pada 21 januari 2019. Pihaknya sudah melakukan fasilitasi kepada 36 RW, yang hasilnya dihimpun dan dibawa ke tingkat Musrenbang, Beberapa masukan dari masyarakat diantaranya  aspek pelayanan administrasi kependudukan seperti pelayanan Kartu tanda Penduduk (KTP) maupun akta kelahiran 

"Kami melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Kota cimahi agar pelayanan administrasi kependudukan itu ditambah waktunya, " jelasnya, kepada Limawaktu.id.

Dikatakannya, pihak kelurahan juga melakukan upaya peningkatan keterampilan warga Kelurahan Melong seperti penjahit dan pengrajin yang bertujuan mengurangi jumlah keluarga pra sejahtera 12 ribu orang, sehingga kesejahteraan mereka akan lebih baik, 

"Kami melakukan koordinasi dengan sejumlah SKPD baik berupa sosialisasi maupun bantuan untuk menunjang kegiatan tadi," katanya. 

Kaitannya dengan infrastruktur Kelurahan Melong berusaha untuk menyelesaikan persoalan banjir yang selalu terjadi. saat ini sudah dilakukan pembenahan dranaise untuk memperlancar arus air. 

"Menunggu pembebasan lahan dalam yang tengah dalam proses untuk mengatasi persoalan banjir di RW 02 Melong," jelasnya. 

Sementara Camat Cimahi Selatan Tuti Hestaintina mengatakan, masih ada usulan warga yang belum terealisasi untuk diusulkan kembali apabila dibutuhkan diwilayahnya. 

"Usulan yang belum terealisasi bisa diusulkan kembali dalam Musrenbang, kalau memang APBD Kota Cimahi bisa memenuhi hal itu bisa trealisasikan,' paparnya. 

Selain melalui Musrenbang, Pada kesempatan lain, bekerjasama dengan SKPD di Lingkungan Pemkot Cimahi juga dibahas terkait dengan usulan masyarakat. 

Sementara terkait dengan persoalan banjir Melong, Hesti mengungkapkan, Intensitas dilakukan untuk melakukan koordinasi dengan melibatkan Pemkab Bandung. Di Kabupaten Bandung ada koordinasi untuk menyelesaikan persoalan banjir Melong. 

"Ada sinkronisasi antar Pemda untuk penanganan banjir Melong dilakukan penanganan dari hulu sampai ke hilir," pungkasnya

Baca Lainnya