Senin, 15 Oktober 2018 14:11

Menseleksi Duta Budaya dan Pariwisata Cimahi dengan Pemilihan  Mojang Jajaka

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Cimahi - 12 pasang finalis pemilihan mojang dan jajaka kota cimahi 2018 mengikuti babak grand final yang digelar di technopark Cimahi Jalan Baros. pada Jum'at (12/10) 2018.

Menurut Kepala Bidang Budaya dan Pariwisata Disbudparpora Kota Cimahi Ero Kusnadi , selain Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan generasi muda tentang budaya Jawa Barat pemilihan Mojang dan Jajaka juga mengukur  kemampuan berbahasa sunda, maupun public speaking para peserta. 

"Tak hanya soal ketampanan dan kecantikan, pemilihan Moka juga menseleksi siapa yang akan menjadi duta budaya dan pariwisata Kota Cimahi," ungkap Ero, disela pelaksanaan Final Moka Kota Cimahi 2018.

Dikatakannya, sebanyak 80 peserta mendaftarkan diri mengikuti pemilihan Moka ini. Lewat peranan kelurahan masing-masing, pendaftaran pemilihan Moka ini dilakukan. Sebelumnya, publikasinya dilakukan melalui media sosial maupun media massa. 

"Kita libatkan pihak kelurahan untuk berpartisipasi di kegiatan ini," jelasnya. 
Sementara, Via Yohana, salah seorang dewan Juri mengatakan, pihaknya menentukan pemenang Moka tahun ini karena selain penampilannya, saat diberikan pertanyaan, Moka Pinilih Kota Cimahi mampu menjawab pertanyaan dewan juri dengan baik dan jujur.

"Pemenang Moka ini mampu menjawab pertanyaan kami dengan jujur," katanya. Wali Kota Cimahi mengapresisasi kegiatan Final Moka 2018.Sebab, mereka bisa  tampil dengan baik.

Menurut Ajay, kompetisi Mojang Jajaka ini merupakan salah satu tujuan untuk menumbuh kembangkan seni, budaya dan pariwisata di JawaBarat, khususnya di Kota Cimahi. Bukan hanya sekedar penampilan fisik. Namun, terpenting mempunyai wawasan, keterampilan, juga bisa menjadi teladan bagi masyarakat sekitar.

Ajay berharap, Mojang Jajaka  bisa berkiprah dengan baik sebagai duta budaya dan pariwisata. "Para peserta pemilihan Moka ini memang oke, " kata Ajay.

Baca Lainnya