Jumat, 21 Juni 2019 16:17

Menjaga Semangat dan Jiwa Korsa TNI dengan Reuni Akbar Batara Lipat 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Dalam dunia militer, seperti TNI, sangat dikenal istilah Jiwa Korsa yang merupakan akronim dari korps dan satuan. Setiap anggota militer yang memasuki satuan tertentu seperti Kostrad, Kopassus, Raider, Korps Paskhas, Korps Marinir, Korps Polisi Militer, dan lainnya, akan selalu memiliki rasa cinta dan kebanggaan terhadap satuan atau korpsnya itu.

Hal itulah yang akan dilakukan oleh Paguyuban Bintara Nusantara Lima Empat (Batara Lipat), melalui ajang Reuni Akbar yang akan digelar pada Minggu (23/6/2019) lusa. Sejumlah persiapanpun sudah dilakukan oleh panitia, yang akan digelar di Aula Pusdikpom Jalan HMS Mintaredja, Kota Cimahi

Ketua Panitia Reuni Akbar Batara Lipat (54) yang juga Wakil Wali Kota Cimahi Letkol Infanteri Purnawirawan Ngatiyana mengatakan, Jiwa Korsa tentara akan terus dijaga oleh alumni Batara 54, yang dahulu secara bersama dilantik pada 1984 di Lapangan Sriwijaya Cimahi. 

"Jiwa dan semangat kami Bintara Nusantara akan tetap mengental dan tetap kita pertahankan terus, meskipun kami sudah ada yang purnabakti," ungkapnya, kepada Limawaktu.id. 

Sedangkan Mayor (CPL) Sukiswanto menyebutkan ide berkumpulnya Bintara Nusantara 54 ini direspon oleh Wakil Wali Kota Cimahi Letkol Infanteri (P) Ngatiyana. Sejak Januari lalu pihaknya melakukan komunikasi dan rapat kepanitiaan yang akan melakukan pertemuan atau reuni akbar ini. 

"Sampai sekarang dari inventarisir yang kami lakukan, peserta reuni akan dihadiri oleh anggota Bintara Nusantara 54 dari seluruh Indonesia, yang ada pada kami data terkumpul sebanyak 776 orang,' sebutnya. 

Letkol (arm) Cecep, salah seorang panitia yang juga Koordinator Kecabangan Armed Batara Lipat mengungkapkan, ada kesulitan tersendiri untuk mengumpulkan sejumlah anggota yang sudah tersebar di seluruh penjuru Nusantara, tetapi kesulitan atau kendala itu dianggapnya sebagai sebuah peluang untuk melakukan upaya, sehingga keinginan untuk berkumpul mereka yang dulu dilantik di Lapangan Srwijaya Cimahi ini. 

"Dengan berbagai usaha kendala yang ada menjadi sebuah peluang, sehingga kami bisa mempersiapkan reuni ini. Kesiapan panitia sudah 99 persen," ungkapnya. 

Sementara Mayor Infanteri Doddy Iswahyudiono mengapresiasi solidaritas anggota Batara Lipat meskipun dengan kesibukan kerja yang ada masih menyempatkan diri untuk melakukan silaturahmi antara alumni Batara Lipat yang sudah tersebar di seluruh penjuru Indonesia. 

"Dengan rentang waktu 35 tahun sejak kami dilantik dulu, reuni ini akan meningkatkan silaturahmi kami," pungkasnya.

Baca Lainnya