Sabtu, 27 Mei 2023 12:36

Menikmati Eksotiknya Desa Wisata Baros Kabupaten Bandung

Penulis : Wawan Gunawan
Destinasi Desa Wisata Baros Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung
Destinasi Desa Wisata Baros Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung [Instagramdesawisata_baros]

Limawaktu.id,- Buat anda yang ingin menghabiskan waktu weekend nya di Kabupaten Bandung, Desa Wisata Baros Kecamatan Arjasari bisa menjadi alternatif tempat yang dikunjungi untuk menghialngkan rasa penat akibat aktivitas sehari-hari.  

Bahkan, Desa Baros Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung, telah ditetapkan sebagai 75 desa wisata terbaik se-Indonesia oleh Tim Anugerah Desa Wisata Indonesia dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kehidupan keseharian masyarakat di Desa Wisata Baros penuh dengan kesahajaan. Makanan tradisional, rumah panggung berdinding ayaman kayu, aktivitas di ladang, serta keceriaan anak-anak memainkan permainan tradisional menjadi pemandangan sehari-hari yang bisa ditemukan di Desa Wisata Baros.

“Sekilas, hal tersebut mungkin terdengar biasa. Namun kearifan lokal seperti itulah yang menjadi salah satu keunggulan Desa Wisata Baros sehingga dilirik oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, ungkap dadang Supriatna, orang nomor satu di Kabupaten Bandung, dalam akun instagrannya, Sabtu (27/5/2023).

Dia menyebutkan, Desa Baros sendiri berada dalam area seluas kurang lebih 420 hektar. Lokasinya terletak di kaki Gunung Malabar, dan masuk wilayah administratif Kabupaten Bandung.

Sungai Citalutug dan Hutan Pinus Mega Tutupan adalah salah satu daya tarik desa wisata baros, berdirinya pendopo, homestay, serta camping area menambah kesan berarti bagi para wisatawan yang penat dengan hiruk pikuk kesibukan di perkotaan.

“Tak cuma itu, wisatawan juga bisa melihat atraksi budaya seperti adu ketangkasan domba, bajidoran, tari merak, calung, wayang serok, dan beberapa kesenian lainnya. Masyarakat sekitar pun turut aktif menghidupkan sektor ekonomi kreatif dengan berbagai kerajinan tangan yang bernilai tinggi,” sebutnya.

 

 

Baca Lainnya