Sabtu, 13 April 2024 11:18

Menhub Usul ke Jokowi Terapkan WFH Usai Lebaran

Penulis : Saiful Huda Ems (SHE)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan turis asal Chili yang baru saja menikmati liburan di Indonesia, di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (13/4/2024)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan turis asal Chili yang baru saja menikmati liburan di Indonesia, di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (13/4/2024) [instagram@kemenhub151]

Limawaktu.id, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Ikut senang saat melihat keceriaan anak-anak bisa menikmati fasilitas transportasi dengan aman dan nyaman. Seperti pagi tadi saat mengunjungi Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta.

“Saya juga bertemu turis asal Chili yang baru saja menikmati liburan di Indonesia, “ kata Budi diunggah akun Instagram Kementerian Perhubungan, Kamis (13/4/2024).

Dia menjelaskan, Terminal Soetta di H+3 saat libur Lebaran ini sudah tampak ramai. Bahkan saat puncak arus mudik terjadi di tanggal 6 April terdapat 1236 pergerakan pesawat. Hampir menyamai pergerakan saat sebelum pandemi tahun 2019. Namun jumlah penumpang lebih banyak, menunjukan produktifitas meningkat.

“Keberhasilan ini tentu tidak akan terjadi tanpa bantuan stakeholder lain. Bismillah kami upayakan untuk menghadirkan mudik dan balik yang ceria dan penuh makna,” jelasnya.

Sementara terkait dengan puncak arus balik lebaran yang diprediksi akan terjadi pada 14 dan 15 April 2024, Budi   akan mengusulkan untuk diterapkan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) untuk mengurai kepadatan saat arus balik Lebaran 2024. WFH akan diterapkan pada 16-17 April 2024.

"Kita lagi mau usulkan ke Pak Presiden (Jokowi) untuk work from home di hari Selasa-Rabu," kata Budi Karya.

Puncak arus balik Lebaran 2024 diprediksi terjadi pada Minggu (14/4) dan Senin (15/4). Karena itu, Menhub berharap penerapan WFH dapat mengurai kepadatan kendaraan waktu balik para pemudik.

Meskipun begitu, Budi Karya menegaskan hal itu bagian dari diskusi yang kemudian akan diusulkan kepada Presiden Jokowi. Budi berharap usulan itu bisa disetujui. "Ini baru diskusi ya, baru diusulkan, mudah-mudahan Presiden setuju. Kalau itu berhasil (disetujui), berarti bisa kerja secara online dari tempatnya masing-masing," pungkasnya.

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer