Selasa, 28 Agustus 2018 9:29

Mengurangi Jumlah Wilayah Kumuh di kelurahan Cibeureum dengan Kotaku

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Mengurangi jumlah wilayah kumuh di perkotaan memang tak semudah membalikan telapak tangan perlu pemahaman yang baik di masyarakat terkait dengan penanganannya. Begitupula yang dilakukan di Kelurahan Cibeureum Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi.

Koordinator Badan Keswadayan Masyarakat (BKM) Laksana Bhakti Kelurahan Cibeureum Rusdoyo Punsu mengungkapkan, Warga Kelurahan Cibeureum sangat membutuhkan adanya penyediaan air bersih, perbaikan sarana drainase, perbaikan jalan setapak dan penanganan soal sampah.

Baca Juga : Kotaku Fokuskan Sarana Air Bersih di RW 02 Kelurahan Cimahi Kota Cimahi

“Pada tahun ini ada tiga RW yang akan dilakukan penataan wilayah kumuh melalui program Kotaku, pengadaan sarana air bersih dan penataan drainase menjadi prioritas yang harus dilakukan untuk mengurangi wilayah kumuh di Kelurahan Cibeureum. Pelaksanaannya dilakukan sesuai dengan prioritas wilayah mana yang harus didahulukan,” ungkapnya.

Dikatakannya, selain melakukan penataan wilayah kumuh di Kelurahan Cibeureum juga harus diusahakan agar masyarakat memahami program yang digulirkan oleh pemerintah ini. Tak hanya menata wilayah kumuh, warga juga harus memiliki kesadaran untuk bisa bergotong royong memelihara dan menjaga pembangunan yang telah dilaksanakan.

Baca Juga : Merubah Mindset Warga Kelurahan Cibabat dengan Kotaku

“Bantuan pemerintah sebaiknya hanya sebuah stimulant saja yang diterima oleh masyarakat, semangat gotong royong harus ditanamkan dikalangan masyarakat,” katanya.

Kepala Kelurahan Cibeureum Rika Martiana menyebutkan, awalnya ada lima RW yang dikategorikan sebagai wilayah kumuh di Kota Cimahi, namun dengan program yang digulirkan tinggal tersisa tiga RW lagi yang masuk kategori wilayah kumuh. Beberapa RW yang awalnya masuk kedalam wilayah kumuh adalah RW 11, 12, !3, 26 dan 27. Kini tinggal tiga RW yang akan dilakukan penataan yakni di RW12, 13 dan 27.

Baca Juga : Penataan Dranaise dan Air Bersih di Kelurahan Setiamanah dengan Kotaku

“Dengan upaya yang dilakukan pemerintah dan masyarakat, infrastruktur di Kelurahan Cibeureum sudah mulai tertata sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dan berhak untuk menikmati lingkungan yang layak dan sehat, “ sebutnya.

Program Kotaku di Kelurahan Cibeureum juga berlangsung secara transparan, sehingga masyarakat mendapatkan informasi terkait dengan program dan anggarannya. Bahkan, ada tim evaluasi dan monitoring untuk melakukan pngawasan secara bersama-sama dengan masyarakat.

Baca Lainnya