Kamis, 8 September 2022 20:35

Menguak Fenomena Kenaikan Jumlah Siswa di SMA Pasundan

Penulis : Aos Muslihudin
Sri Rahayu Irianingsih, Kepala SMA Pasundan 2 Cimahi
Sri Rahayu Irianingsih, Kepala SMA Pasundan 2 Cimahi [Aos Muslihudin/Limawaktu]

Limawaktu.id,- Ditengah persaingan yang makin ketat di dunia pendidikan menengah, ada fenomena menarik yang terjadi dibeberapa SMA yang dikelola Yayasan Pendidikan Dasar dan  Menengah (YPDM) Pasundan. Buktinya dibeberapa sekolah yang bernaung dibawah YPDM Pasundan, pada tahun ajaran 2022/2023  ini terjadi kenaikan jumlah siswa.

“Yang kami lakukan hanya rutinitas saja, kalau disiplin dalam belajar, disiplin dalam bersikap itu sudah kami laksanakan sejak lama di SMA Pasundan 1 Cimahi,” terang Dani Setiabudi, Kepala SMA pasundan 1 Cimahi di kantornya Jalan Terusan Cimahi, Kamis (8/9/2022).

Menurut Dani, pihaknya hanya melaksanakan petunjuk Pengurus YPDM Pasundan Aan Saprani untuk mengelola sekolah dengan baik sisanya bersilarurrahim ke SMP-SMP dan berdoa

“Tapi hasilnya tahun ini kami menerima siswa baru naik satu kelas dan itu jelas disyukuri hanya saja belum ada ukurannya secara pasti. Mudah-mudhan saja bisa terus berlanjut untuk tahun-tahun selanjutnya,”  katanya.

Lain halnya yang terjadi dengan SMA Pasundan 2 Cimahi kenaikan siswa barunya sangat signifikan sehingga ada tambahan dua rombongan belajar baru

“Prinsip kami promosi sekolah itu bukan hanya menjelang PSB saja tapi sepanjang tahun melalui layanan yang baik, penerapan disiplin, fasilitas yang memadai sehingga jadi promosi dari mulut  ke mulut,”  Kata Sri Rahayu Irianingsih Kepala SMA Pasundan 2 Cimahi.

Dijelaskannya, tahun kemarin menerima siswa baru  180 siswa dan Tahun Pelajaran 2022/2023 naik menjadi 243 siswa kenaikannya 2 kelas sehingga pihaknya kerepotan akibat kurangnya ruangan belajar .

"Alhamdulillah ini bukti kepercayaan masyarakat ke SMA Pasundan disyukuri dan dijaga agar berkelanjutan, ” Kata Sri Rahayu.

Kenaikan peserta didik baru tahun ini juga dialami oleh SMA Pasundan 3 Cimahi..di Jalan Raya Citeureup Cimahi. Seperti dijelaskan oleh Sukandar kepala SMA Pasundan 3 Cimahi bahwa pihaknya tahun ini menerima siswa baru naik satu kelas dari tahun sebelumnya.

Apa mungkin sekarang calon siswa baru lebih memilih SMA daripada SMK belum ada penelitian hanya saja lulusan SMA Pasundan 3 Cimahi banyak yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), seperti Unpad, UPI atau yang lainnya. Tapi banyak juga yang  langsung bekerja terutama di swalayan swalayan. jadi tidak terlalu beda sama lulusan SMK. 

“Di sekolah kami  pendidikan agama dan ahlak mendapat porsi lebih sehingga rata-raya lulusan minimal baik akhlaknya disamping  juga berilmu,” pungkasnya .

Baca Lainnya