Selasa, 23 Oktober 2018 13:12

Mengkolaborasikan Peran Pemerintah dan Masyarakat Melalui Kotaku 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id, - Dibutuhkan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi dan mencegah wilayah kumuh. Karenanya, di Kecamatan Cimahi Selatan dilakukan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat untuk BKM, Lurah dan Camat, yang digelar di ruang rapat Pemerintah Kecamatan Cimahi Selatan, belum lama ini. 

"Pihak kelurahan, kecamatan dan masyarakat bisa bersinergi, sejak perencanaan dan pelaksanaannya dengan adanya komitmen bersama, sehingga penanggulangan wilayah kumuh di kecamatan Cimahi Selatan bisa dilakukan secara bersama, melalui kolaborasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat, "ungkap Askot Kotaku Kota Cimahi, Rudy Barnadi, disela pelatihan. 

Baca Juga : Komitmen Menanggulangi Wilayah Kumuh di Kecamatan Cimahi Utara

Sementara Kasatker Kotaku Agus Hapriyadi mengatakan, Pemerintah Daerah Kota Cimahi bertindak sebagai fasilitator pelaksanaan program Kotaku, dengan memberikan fasilitas berupa tempat untuk askot, faskel atau BKM. 

"Kami berperan dalam memfasilitasi kegiatan yang dilakukan BKM, faskel atau Askot Kotaku di Cimahi ini," jelasnya. 

Baca Juga : Perbaikan Sanitasi dan Lingkungan Warga Setiamanah dengan Kotaku

Selain memfasilitasi kegiatan, pihaknya juga mengatur dan menyampaikan ketentuan yang harus dilaksanakan masyarakat, sehingga sesuai dengan standar yang telah ditentukan, termasuk kualitas pekerjaannya.  

"Kami juga menyampaikan jika kualitas pekerjaan harus diperhatikan sehingga lebih awet digunakan untuk masyarakat," katanya. 

Baca Juga : Kotaku Munculkan Swadaya Warga Kelurahan Cibeureum 

Camat Cimahi Selatan Tuti Hestiantina mengatakan, kehadiran Kotaku sangat dinantikan karena manfaatnya dirasakan oleh masyarakat dalam mengatasi wilayah kumuh, terutama terkait dengan air bersih dan dranaise. 

"Kebutuhan air bersih bagi warga kecamatan Cimahi Selatan juga bisa terbantu dengan adanya program Kotaku ini. Selama ini banyak warga di Kecamatan Cimahi Selatan yang mengandalkan pemberian perusahaan atau industri disekitarnya untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya. Kotaku bisa membantu warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih," pungkasnya.   
 

Baca Lainnya