Sabtu, 23 September 2017 2:33

Menggunakan e-toll Card Lebih Praktis

Reporter : Bubun Munawar
Ika Jolie, pengguna jalan tol
Ika Jolie, pengguna jalan tol [limawaktu dok]

Limawaktu.id, - Penggunaan kartu bayar tol elektronik yang diterapkan PT. Jasa Marga diakui pengguna jalan tol lebih praktis.

Ika Jolie, salah seorang Karyawan sebuah perusahaan swasta di Bandung mengatakan, dia sudah sekitar tiga bulan lalu menggunakan kartu bayar tol elektronik.

Baca Juga : Begini Kondisi Hari Pertama Pemberlakuan E-Toll Card di Baros I

“Sudah sekitar tiga bulan lalu saya menggunakan kartu bayar elektronik tersebut, karena setiap hari untuk menuju ke tempat kerja harus masuk ke jalan tol dari gerbang Baros, untuk menuju ke kantor. Tempat kerja saya ada di Jalan Kopo, jika pagi atau sore lalu lintasnya padat atau sering macet,” kata Warga Kelurahan Utama Kota Cimahi ini.

Dikatakannya, menggunakan kartu bayar elektronik tersebut bisa menghemat waktu dan tidak ribet. Bahkan dengan menggunakan kartu bayar elektronik bisa lebih cepat dan praktis tanpa harus menunggu dilayani petugas gerbang tol.

Sementara, General Manager (GM) Purbaleunyi Reza Febriano menyebutkan, mayoritas pengendara sudah memiliki e-toll Card, dan hanya beberapa saja yang membeli kartu transaksi non tunai.

Dengan transaksi non tunai ini, durasi yang dihabiskan saat di gerbang tol akan semakin singkat karena hanya menghabiskan waktu 2 detik saja, sehingga mempercepat antrean. Untuk 2018, pihaknya merencanakan sistem pembayaran E-Toll Card di gard-gardu khusus menggunakan alat On Boar Unit (OBU).

"Sebagai alat komunikasi ke alat yang di gardu sehingga ketika lewat gak usah lagi kartunya ditempelkan tetapi sudah kena sensor kartu dan saldonya," jelas Reza. (bun)

Baca Lainnya